20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kecelakaan Kerja Dapat Dilaporkan Secara Online

...

  • PORTALSATU
  • 13 October 2018 15:30 WIB

ist
ist

BANDA ACEH - BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga yang diamanahkan oleh Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 yaitu untuk menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu program Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun bagi pekerja penerima upah, pekerja bukan penerima upah dan pekerja migran Indonesia.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh, Efa Zuryadi menjelaskan bahwa Program Jaminan kecelakaan kerja memberikan kompensasi dan rehabilitasi, sesuai indikasi medis bagi pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit akibat kerja.

Efa Zuryadi menyampaikan bahwa secara regulasi, Pemberi Kerja wajib melaporkan kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang menimpa peserta kepada BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Ketenagakerjaan setempat (Dinas Ketenagakerjaan dimana wilayah kerjanya termasuk area lokasi terjadinya kecelakaan) dalam jangka waktu tidak lebih dari 2 x 24 jam sejak terjadi kecelakaan kerja atau sejak didiagnosis penyakit akibat kerja.

Laporan tersebut sebagai laporan tahap I dengan menggunakan formulir 3 KK1 atau 3 PAK 1. Apabila Pihak Pelapor mengalami kesulitan dalam menyampaikan laporan kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja tersebut ke Badan Penyelenggara maka Pihak Pelapor dapat terlebih dahulu melaporkan secara lisan, pertelepon, call center ( 1500910), faksimilli, Sistem Informasi Pelaporan Pekerja (SIPP), surat elektronik (email).

Efa Zuryadi menambahkan bahwa Inovasi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh adalah pelaporan Kecelakaan Kerja secara online. Dalam rangka untuk memudahkan percepatan dalam menginformasikan tentang kasus kecelakaan kerja, pemberi kerja juga dapat melaporkan  secara online melalui link http://bit.ly/2IRfpyL 

Kanal pelaporan JKK online ini terhubung juga ke Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh sehingga kewajiban pelaporan JKK ke dinas tenaga kerja setempat  oleh pemberi kerjai dapat dipenuhi dengan mengakses link tersebut; Semoga dengan tersedianya berbagai kanal pelaporan dapat memudahkan pemberi kerja dan peserta dalam melaporkan kecelakaan kerja. []

Editor: Arman

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.