21 August 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


7 Tipe Orang di Buka Puasa Bersama, Kamu yang Mana?

...

  • PORTALSATU
  • 19 June 2017 12:20 WIB

Penyiapan buka puasa bersama malam khanduri tamat Quran di Paloh Dayah, Mukim Paloh Timu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Ahad, 18 Juni 2017 atau Ramadan 1438 H. @Lodins LA
Penyiapan buka puasa bersama malam khanduri tamat Quran di Paloh Dayah, Mukim Paloh Timu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Ahad, 18 Juni 2017 atau Ramadan 1438 H. @Lodins LA

BULAN puasa gak cuma bulan yang barokah, tapi ternyata sering bikin kantung kering. Salah satu faktor utamanya adalah ajakan buka puasa bersama dari berbagai kalangan teman, entah itu teman sekelas, sekampus, sekantor, setongkrongan, sedivisi, sekampung, seband, sependeritaan, dan masih banyak lagi yang semuanya itu bikin dompet makin se-mpit. Nah, mau sama siapapun buka bersamanya, ada beberapa tipe mayoritas yang sering kamu temui. Berikut penjabarannya:

1. Yang Ngurusin / Panitia

Mereka ini termasuk yang punya tabungan amal banyak selama bulan puasa karena di saat yang lain berpuasa dengan (agak) tenang, mereka ini malah rela berkeringat buat ngatur buka puasa bareng dari tempatnya di mana, makanannya apa, harinya kapan, siapa aja yang ikutan, dan segala tetek bengeknya. Tapi ntar pas acara udah berlangsung, mereka ini yang makannya paling dikit karena udah kenyang duluan ngelihat muka-muka yang datang. Bahagia itu sederhana, tapi harus cape banget dulu aja.

2. Yang Gak Ikut Patungan

Banyak ditemukan di lingkaran yang mayoritas pemasukannya cuma berasal dari tangan orang tua alias masih bersekolah dan bukbernya dibikin di rumah seorang teman yang mau merelakan kediamannya untuk diobrak-abrik (ini bukber atau demo ya). Gak apa-apa sih gak ikut patungan, cuma agak gak enak aja gitu ke temen-temen lain yang pada bayar. Sekali dua kali dimaklumi, tapi jangan berlanjut ke tahun-tahun berikutnya ya.

3. Yang Pengen Reunian

Banyak pula manusia yang ikut dalam kategori ini, termasuk mereka yang emang gak menjalankan ibadah puasa, tapi pengen ngerasain juga kehangatan bertemu teman lama. Hiudp kan jalan terus, wajar aja kalo yang tadinya sering ketemu, tapi lama kelamaan intensitasnya berkurang. Buka puasa bersama adalah momen yang menyatukan karena kamu bisa bertemu lagi dengan temen gila-gilaan dulu, mantan gebetan, atau bisa jadi mantan temen.

4. Yang Pamer

 "Eh jangan tanggal segini dong gue ada meeting/kerjaan di sini di situ bla bla bla"

"Eh kemaren gue baru beli jam tangan berlapis emas berlian lho, udah pada tau belom benda gituan sekarang dijual di emperan?"

"Eh gue bunting lagi nih, udah bingung mau ngasih nama apa soalnya ini udah yang kelima"

...dan berbagai macam hal lain yang bisa dan biasa dipamerin ke temen-temen yang sebenarnya gak butuh informasi tentang kebaruan tersebut. Plus datangnya telat supaya ntar ditanyain abis dari mana, ngapain aja. Temen-temen kamu cuma pengen kehadiran kamu dengan cerita-cerita yang gak pernah basi, dan cukup apa adanya. Cukup.

5. Yang Ngatur Tapi Malah Bikin Ribet

Nah mereka ini bukan panitia atau pihak pengelola, tapi sering ikutan memengaruhi dan ngatur jalannya penyusunan jadwal. Kalo nilai plusnya banyak sih gak apa-apa, tapi kalo malah bikin tambah ribet? Yang bikin pusing temen-temen lain khususnya panitia? Coba deh kurang-kurangin kebiasaan nyusahin orang mumpung lagi bulan puasa dan ntar lagi Lebaran, biar mulai dari nol lagi.

6. Yang Telat Datang
 
Telat emang udah budaya bangsa banget ya. Tapi masa buka puasa aja telat? Orang Indonesia kan paling cepet kalo soal buka puasa. Telat itu sebenarnya nyusahin diri sendiri lho. Entah ntar makanannya abislah, ada temen yang udah pada pulanglah, atau yang paling buruknya, acara udah beres! Ada juga yang udah telat, tapi malah bawa obrolan yang gak nyambung ke forum.

7. Yang Nombokin
 
Harapan terakhir dari semua yang pada ikutan bukber di tempat yang gak murah. Ada biaya yang kurang? Gampang, tinggal gesek. Apapun itu yang mereka gesek, bersyukurlah. Karena kamu gak mungkin bisa melakukan apa yang doi lakukan. Biasanya sih yang kayak gini tuh orang yang ngurusin bukbernya alias panitia. Udah jelas kan kenapa amal mereka yang paling banyak.

Masih ada lagi gak tipe orang di buka puasa bersama yang terlewatkan oleh MBDC? Langsung aja ke kolom komentar ya.[]SUMBER:globalbola8.blogspot.com

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.