22 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Mudahkan Akses Layanan
BPJS Kesehatan Banda Aceh Lanjutkan Kerja Sama dengan 26 RS

...

  • PORTALSATU
  • 18 January 2019 22:30 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Banda Aceh – Memastikan kemudahan bagi peserta dan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dalam program JKN-KIS menjadi hal yang penting untuk BPJS Kesehatan. Untuk itu, tahun ini BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh melanjutkan kerja sama dengan 26 rumah sakit/klinik utama di wilayah kerjanya yang terbagi atas 15 di Kota Banda Aceh, 2 di Kota Sabang, 3 di Kabupaten Aceh Besar, 5 di Kabupaten Pidie dan 1 di Kabupaten Pidie Jaya.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Aldiana, Rabu (16/01). “Dalam bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, rumah sakit harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Kesehatan. Salah satunya harus telah terakreditasi dengan tujuan untuk memberikan kepastian dan memberikan akses pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkesinambungan kepada peserta program JKN-KIS,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh ada 8 rumah sakit yang belum terakreditasi namun dengan adanya rekomendasi dari Menteri Kesehatan maka rumah sakit-rumah sakit tersebut dapat melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan di tahun ini sehingga pelayanan kesehatan kepada peserta menjadi berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Cempaka Az-Zahra Banda Aceh, Iziddin Fadhil yang ditemui terpisah mengungkapkan sangat bersyukur dengan adanya rekomendasi dari Menteri Kesehatan tersebut.

“Saat ini kami dari RSIA Cempaka Az-zahra sedang dalam proses Akreditasi, berdasarkan masukan dari proses bimbingan yang difasilitasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ada beberapa hal yang harus kami sesuaikan dengan standar akreditasi rumah sakit serta kami sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya rekomendasi tersebut, sehingga bisa melanjutkan kerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan dan berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kami kepada seluruh masyarakat dan juga peserta karena bagi kami kepercayaan ini adalah amanah,” ungkapnya.

Menurutnya, akreditasi rumah sakit memang merupakan sebuah kewajiban bagi rumah sakit, karena tujuan dari akreditasi itu sendiri adalah untuk menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik sesuai dengan prinsip keselamatan pasien dan juga fungsi rumah sakit berjalan dengan baik.[](rq/*)
 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.