12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cara Menanam Durian Musang King di Kebun

...

  • PORTALSATU
  • 07 April 2017 10:00 WIB

Durian musang king.
Durian musang king.

HALO sahabat Tani Organik yang gemar menanam, tetap semangat untuk melestarikan alam ini, sebab menanam satu pohon sejuta manfaat bagi kehidupan kita. Tema artikel yang akan saya paparkan kali ini mengenai cara menanam durian musang king di lahan perkebunan.

Buah durian sangat tidak asing lagi di telinga kita, buah yang memiliki kulit berduri dan daging buah manis legit beraroma bau yang tajam membuat kebanyakan masyarakat gemar makan buah ini.

Selain rasanya yang legit manis, buah durian ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita diantaranya bagus untuk pencernaan, mengatasi penyakit anemia, bagus untuk kesehatan kulit, menjaga kesehatan tulang dan persendian, mengatur kestabilan darah, menjaga kesehatan tiroid, menambah nafsu makan, meredakan stres dan masih banyak lagi, namun terlalu banyak memakan buah durian tidak bagus juga untuk kesehatan apalagi bagi penderia diabetes, karena buah ini memiliki kandungan kadar gula tinggi yang akan mengancam membuat gula darah menjadi naik.

Pohon durian ini memiliki macam-macam varietas, yang akan saya ulas pada artikel ini adalah durian musang king. Durian musang king merupakan varietas baru yang memiliki keistimewaan daging buah yang berwarna kuning, daging buah kering, lembut, tidak berserat dan rasanya manis dan biji kecil, tidak heran harga dipasarannya pun sangat tinggi. Selain bisa dinikmati sendiri juga bisa dijual dengan mendapatkan keuntungan yang tidak main-main.

Apabila sahabat Tani Organik tertarik menanam durian musang king ini, silahkan baca dulu cara menanamnya di bawah ini.

1.Pilih Bibit Durian Musang King yang Berkualitas

Persiapkan bibit untuk kita tanam di lahan nanti. Pembibitan durian musang king bisa kita lakukan sendiri dari biji buah yang sudah masak atau dari cara okulasi/sambung pucuk. Namun saya sarankan dari pembibitan dari sistem okulasi, selain cepat tumbuh, cepat berbuah juga. Apabila sahabat ingin yang instan, bibit bisa sahabat membelinya di toko bibit buah-buahan setempat. Memilih bibit juga perlu diperhatikan, kualitasnya harus baik seperti sehat bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak layu dan kuning, batang yang kokoh tidak kecil dan kering, rindang.

2.Memilih Lokasi Penanaman

Durian musang king dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl. Namun produktifitas terbaik apabila ditanam pada ketinggian 400–600 m dpl. Area tanam yang dihendaki tanaman durian musang king ini, yakni bersih dari rumput pengganggu yang tumbuh pada area tanam, tidak terlalu sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari sepanjang hari.

3.Membuat Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam pada lokasi sesuai kriteria diatas, bisa dengan menggunakan cangkul dengan ukuran 50x50x50cm. Disamping itu juga siapkan siapkan campuran tanah + kompos/pupuk kandang yang telah terfermentasi + sekam.

4.Mengistirahatkan Lahan

Setelah selesai membuat lubang tanam, bibit jangan sampai ditanam langsung. Lubang tanam perlu diistirahatkan selama 2-3 hari dan biarkan tersinari matahari supaya bakteri pada tanah mati.

5.Mulai Menanam

Apabila lubang tanam sudah di istirahatkan, sekarang saatnya bibit untuk ditanam pada lubang tanam. Letakkan bagian perakaran pada lubang tanam, apabila bibit didapatkan dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, tinggal kita sobek plastik polybag dan jangan sampai perakarannya putus, lalu letakan pada lubang tanam. Posisikan bibit tegak lurus, jangan sampai miring.

6.Menutup Lubang Tanam

Bibit yang sudah diletakkan pada lubang tanam, segera tutup dengan media campuran tanah+kompos+sekam yang telah kita persiapkan, tutup sampai merata. Agar tanaman kokoh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikir bisa diinjak-injak, namun jangan terlalu padat sebab akan menghambat perkembangan akar tanaman.

7.Penyiraman

Penyiraman pertama dilakukan setelah langkah diatas sudah selesai. Siramlah tanaman dan media tanam secukupnya jangan terlalu becek. Pakailah embrat untuk hasil yang maksimal.

8.Memasang Ajir

Dianjurkan untuk memasang ajir pada bibit durian yang sudah kita tanam. Fungsi ajir sebagai penyokong agar tanaman tidak rentan berubah posisi dan roboh oleh gangguan dari luar. Ajir bisa kita buat sendiri dari bambu dengan ukuran panjangnya 1,5 meteran.

9.Pemupukan Rutin

Tanaman sangat membutuhkan suplay nutrisi secara berkala. Asupan nutrisi yang diserap tanaman durian musang king, membuat tanaman sehat, kebal dari serangan penyakit, dan melesat tumbuh dengan cepat. Ada 2 komposisi pemupukan yang kami berikan, bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.

Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW
Aplikasikan pemupukan ini secara rutin 1 bulan sekali.

10.Merangsang Munculnya Bunga/Buah

Tanaman durian dari hasil okulasi bisa kita nikmati buahnya setelah kisaran umur 3-5 tahunan. Namun aplikasi hormon perangsang buah sangat dianjurkan, untuk mempercepat tumbuh dan pembuahan. Hormon perangsang buah akan memacu tanaman membentuk pembuahan lebih cepat. Hormon perangsang buah yang dapat kita gunakan yaitu POC BMW. Tak hanya tanaman cepat berbuah, namun hasil buahnya pun lebih berkualitas. Aplikasi POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air. Jika tanaman durian sudah besar, aplikasinya bisa dengan mengerik (asal luka) batang utama 30cm, kemudian kuaskan POC BMW pada batang yang telah dikerik. Lakukan dengan interval 7-10 hari sekali.

11.Perawatan

Perawatan lainnya yang perlu dilakukan yaitu, rajin menyiramnya 1-2 kali sehari namun tergantung kelembaban pada tanahnya juga, membersihkan gulma yang tumbuh disekitaran tanaman durian.

12. Hama & Penyakit Pada Durian

Tanaman durian sering diganggu oleh beberapa hama seperti penggerek buah, lebah mini, dan ulat penggerek bunga. Jika wabah hama ini sudah banyak, penanggulangannya bisa dengan menyemprotkan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Selain hama, tanaman durian pun sering terkena beberapa penyakit seperti phytopthora parasitica & pythium complectens, kanker bercak, jamur upas. Pengendalian dari penyakit ini dengan menyemprotkan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menanam Durian Musang King Di Lahan Perkebunan, dari pembahasan diatas semoga bermanfaat untuk sahabat Tani Organik yang ingin segera menanam durian musang king. Sukses selalu…[]Sumber:taniorganik.com

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.