26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cucu Sultan Abdul Majid I, saksi terakhir pengusiran keluarga Ottoman meninggal dunia

...

  • portalsatu.com
  • 19 January 2019 16:00 WIB

Bilun Alpan, saksi terakhir pengusiran keluarga Ottoman [Foto: Anadolu Agency]
Bilun Alpan, saksi terakhir pengusiran keluarga Ottoman [Foto: Anadolu Agency]

Bilun Alpan, anggota keluarga terakhir dinasti Ottoman yang pernah mengalami langsung pengasingan pada tahun 1924, meninggal pada usia 101 pada Kamis pagi di sebuah rumah sakit di Beirut, Lebanon.

Pihak rumah sakit mengatakan, Alpan, cucu dari Sultan Abdülmecid I, meninggal karena sebab alamiah.

Pada hari Jumat, 18 Januari, setelah menerima ungkapan belasungkawa di Malta Kiosk di Taman Y?ld?z Istanbul, keluarga Osmano?lu akan mengadakan sebuah mawlid untuk Alpan segera setelah sholat ashar. Shahzade Harun Osmano?lu, cucu generasi ketiga dari Abdülhamid II, juga akan menghadiri upacara keagamaan tersebut.

Pada 2017, TRT membuat film dokumenter tentang kehidupannya, keluarga dan pengasingan dinasti Ottoman berjudul “Bilun: Sürgünün Son Tan???” (Bilun: Saksi Terakhir Pengasingan).

Alpan baru berusia enam tahun ketika pemerintah Turki mengeluarkan undang-undang yang memaksa para anggota dinasti Ottoman diasingkan. Dia pertama kali pergi ke Prancis dan kemudian ke Yerusalem, sebelum akhirnya menetap di Beirut. Dia telah tinggal di sana sejak 1929.

Para anggota dinasti Ottoman diasingkan pada tahun 1924. Para anggota keluarga perempuan diizinkan untuk kembali ke Turki pada tahun 1952 sedangkan anggota pria diijinkan kembali pada tahun 1974. Bilun Alpan kembali ke Turki pada tahun 1989, namun ia tidak dapat menemukan apa yang dia inginkan di sana.[]Sumber: Daily Sabah/turkinesia

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.