17 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Lima Kuliner Khas Pidie, Mau?

...

  • VIVA
  • 26 August 2019 17:00 WIB

Boh Manok Weng. Foto via Viva.co.id
Mie Caluek. Foto via Viva.co.id
Lincah Busu. Foto via Viva.co.id
Kuah Pliek U. Foto via Viva.co.id
Adee Ie Leubeu. Foto via Viva.co.id

Sejumlah kuliner khas Pidie menggoda selera makan hingga bikin lidah bergoyang. Berikut lima kuliner Pidie:

1. Boh Manok Weng (Telur Kocok)

Boh manok weng merupakan salah satu kuliner terkenal di daerah Pidie, minuman dengan adonan kopi atau tersebut mampu membangkitkan gairah stamina bagi anda yang meminumnya. Minuman ini sangat mudah ditemukan baik di Kampung maupun di Perkotaan.

2. Mie Caluek

Kuliner ini pada dasarnya merupakan mie seperti pada umumnya. Terdiri dari pilihan mie disajikan bersama kuah yang merupakan semacam pasta (sambal) kacang. Hanya saja mie ini telah dimasak terlebih dahulu, kemudian dihidangkan didalam nampan untuk dijual. Mie bisa anda temukan di daerah Grong-Grong maupun di Pantai Pelangi, Kota Sigli.

3. Lincah Busu

Bagi Anda yang berkunjung ke Pidie jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Pidie yang satu ini. Lincah Busu merupakan rujak aneka buah dan umbi-umbian yang dicampur dengan saus pedas. Lincah dalam bahasa Aceh berati rujak, sedangkan Busu merupakan salah satu kampung di Mutiara Barat, Kabupaten Pidie, tempat lincah ini berasal.

4. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U' memang terdengar asing bagi daerah lain, masakan ini merupakan Kuliner paling khas di Aceh. Resep Masakan Kuah pliek U merupakan warisan nenek moyang masyarakat Aceh dengan rasa khas yang kaya dengan rempah-rempah. 

5. Adee Ie Leubeu

Kecamatan Kembang Tanjung, Kabupaten Pidie Ini dikenal dengan kue khas ade leumiek yang rasanya enak dan spesifik. Ade Ie Leube yang bentuknya sangat kecil dengan ciri khas kuning dengan corak beragam ada yang digulung dan ada pula dijual tanpa digulung, melebar seperti kue talam.

Penulis: Putri Khirunninsa.[]Sumberviva.co.id

 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.