22 June 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Manuskrip Peta Pelabuhan-pelabuhan Lada di Barat-Selatan Aceh, 1821

...

  • PORTALSATU
  • 02 June 2018 13:00 WIB

@mapesaaceh.com
@mapesaaceh.com

PETA yang digambarkan dengan tangan (manuskrip) oleh Kapten Laut asal Australia-Irlandia, Samuel Ashmore, ini merupakan salah satu peta maritim terpenting dari 1821. Peta ini menggambarkan secara akurat pelabuhan-pelabuhan lada di pantai barat-selatan Aceh, mulai Meulaboh (Annalabou) sampai Singkil, sebuah kawasan yang pada waktu itu lebih dikenal dengan Pantai Lada (Pepper Coast). 

Trumon dengan pelabuhan pulaunya merupakan eksportir lada terbesar di sepanjang pantai ini, sementara pelabuhan Pulo Dua terkenal sebagai yang terbaik di antara seluruh pelabuhan lada di utara Pulau Sumatra.

Kegiatan perdagangan lada yang pesat di wilayah pantai ini telah membuatnya tersohor di dunia perdagangan internasional, terutama dikarenakan oleh hubungan-hubungan perdagangannya dengan Amerika. Namun, kegiatan perdagangan itu tidak selalu berlangsung tanpa konflik. 10 tahun setelah peta ini dibuat, pada 1831, sebuah kapal dagang merica milik Amerika terpaksa diserang di perairan Kuala Batu.

Presiden Amerika, Andrew Jackson, mengirim 300 marinir dan kapal Potomac untuk membalas penyerangan tersebut. Sebuah peperangan terjadi, tapi kemudian kedua belah pihak dapat mengakhirinya dengan perdamaian, dan keadaan berhasil dipulihkan kembali.

....Selengkapnya silakan baca dan lihat gambar di >>klik>>>Manuskrip Peta Pelabuhan-pelabuhan Lada di Barat-Selatan Aceh, 1821.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.