29 January 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mudahkan Akses Layanan, RS Pertamedika Ummi Rosnati akan Terapkan Antrean Online

...

  • portalsatu.com
  • 14 January 2020 17:45 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH - Penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk melakukan inovasi yang selaras dengan kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Kondisi saat ini hampir semua hal dikerjakan secara mobile melalui teknologi yang terdapat di handphone. Tentunya teknologi ini dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan dan kepastian dalam layanan.

Tak terkecuali bagi BPJS Kesehatan yang telah melakukan inovasi yaitu antrean online yang nantinya sistem yang ada diaplikasi Aplicare milik BPJS Kesehatan akan terhubung dengan sistem antrean milik rumah sakit dan dapat diakses peserta melalui Aplikasi Mobile JKN yang ada di handphone.

“Sistem antrean untuk melakukan pendaftaran berobat yang sudah diterapkan di RS Pertamedika Ummi Rosnati Banda Aceh ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh peserta JKN-KIS. Di antaranya, dapat mendaftar antrean melalui aplikasi perpesanan WhatsApp atau dengan datang langsung ke rumah sakit. Nah, dengan akan terintegrasinya sistem antrean kita ke Aplikasi Mobile JKN tentunya semakin memudahkan peserta,” ujar Direktur RS Pertamedika Ummi Rosnati Banda Aceh, Nanang Sugiarto, di Banda Aceh, Senin (13/1).

Mengenai akan diintegrasi sistem antrean online, ia menyampaikan sangat setuju dengan integrasi tersebut karena selain memberikan kemudahan kepada pasien, tetapi juga memberikan kepastian layanan karena nantinya pada Aplikasi Mobile JKN yang ada akan tertera berapa lagi sisa antrean sebelum si pasien tersebut dilayani.

“Ini adalah salah satu terobosan yang baik dari BPJS Kesehatan dan kami sangat setuju dengan integrasi sistem antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN karena memang yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat adalah cepat, mudah dan murah tanpa harus mengantre lama serta pasien ini butuh kepastian antrean, apalagi di era digital ini semua semakin berkembang dan kita harus mengikuti. Selain antrean online ini juga pasein juga mendapatkan kepastian informasi ketersediaan tempat tidur yang sudah ada display-nya di sini ditambah lagi juga dapat dilihat melalui Aplikasi Mobile JKN,” tambahnya.

Terakhir, ia menyatakan komitmennya untuk segera mewujudkan sistem antrean online ini melalui Aplikasi Mobile JKN. “Dan pastinya semuanya akan berproses, serta apabila diperjalanannya ditemui kekurangan maka akan segera diperbaiki untuk kelancaran integrasi ini yang tentunya akan bermuara kepada kenyamanan pasien berobat”.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar, saat meninjau kesiapan sistem antrean online yang akan diintegrasikan melalui Aplikasi Mobile JKN di rumah sakit tersebut mengatakan, sistem antrean yang sudah ada di RS Pertamedika Ummi Rosnati sudah bagus dan sangat teratur.

“Seperti yang sudah dikatakan oleh Bapak Direktur tadi bahwa pada dasarnya RS Pertamedika Ummi Rosnati sangat setuju dengan integrasi sistem antrean online ini dan nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. Kami juga mengapresiasi kepada RS Pertamedika Ummi Rosnati yang telah berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan pasti kepada peserta JKN-KIS dan BPJS Kesehatan terus akan bersinergi dengan rumah sakit untuk melakukan evaluasi jika di kemudian hari ditemukan kendala dalam penerapannya,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah menerapkan sistem antrean online yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN yaitu Klinik Cempaka Lima Banda Aceh. Dalam waktu dekat ini yang juga akan menerapkannya ada 2 Puskemas. “Nantinya secara bertahap semua fasilitas kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh akan terintegrasi sistem antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN”.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.