22 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Orang yang Melakukan Amalan Ini tak akan Terjamah Api Neraka

...

  • PORTALSATU
  • 19 April 2019 13:00 WIB

Ilustrasi neraka. Foto bincangsyariah.com
Ilustrasi neraka. Foto bincangsyariah.com

Neraka adalah tempat terburuk untuk manusia. Api neraka jauh lebih panas dari api di dunia. Neraka itu didesain untuk setiap jiwa yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya. Suatu hari Jibril datang kepada Rasulullah saw dengan wajah sedih. Rasulullah heran melihatnya, tidak biasanya dia datang dengan wajah seperti itu.

Kemudian beliau bertanya pada Jibril, mengapa dia berwajah sedih. Biasanya dia datang dengan wajah berbinar. Jibril menjawab, “Bagaimana aku tidak sedih, sekarang api neraka telah ditiup. Seribu tahun dinyalakan hingga memerah, kemudian seribu tahun lagi hingga memutih. Dan seribu tahun (ketiga) menjadi hitam dan gelap. Jika setetes api itu diletakkan di dunia maka seluruh dunia ini akan terbakar wahai Muhammad.”

Begitu pedihnya siksa api neraka yang tergambarkan dari keterangan di atas. Sebab itulah doa yang sering dibaca oleh seorang muslim adalah doa sapu jagad, sebuah doa untuk memohon kebaikan di dunia, akhirat serta diselamatkan dari api neraka. Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).”

Tak ada seorangpun yang menginginkan dirinya terjerumus dan merasakan pedihnya api neraka. Bahkan Rasulullah amat mencintai umatnya sehingga tidak rela jika salah satu umatnya harus merasakan panasnya siksaan api neraka. Tak heran jika Rasulullah memberi peringatan kepada sahabat dan umatnya untuk tidak melakukan perbuatan yang menjerumuskan mereka dalam neraka.

Selain itu Rasulullah juga telah memberitahu mereka lewat hadisnya, bahwa ada dua amalan yang menyebabkan api neraka tidak bisa menjamahnya. Nabi bersabda:

“Dua mata yang tidak akan terjamah oleh api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang semalam-malaman selalu berjaga di jalan Allah” (HR Tirmidzi).

Hadis tersebut mengingatkan bahwa seseorang yang menangis karena rasa takutnya kepada Allah bisa menyelamatkan dirinya dari jamahan api neraka kelak. Takutya kepada Allah membuatnya bisa teguh menjauhi larangan-Nya meski berat untuk dirinya. Namun itulah sebuah indikasi yang nyata bagi keimanan seseorang.

Begitu juga dengan seseorang yang begadang atau menjaga malamnya bumi di jalan-Nya. Mereka menghidupkan malam dengan banyak mengingat-Nya, bisa dengan qiyamul lail, membaca Alquran atau ber-tadabbur tetang ayat-Nya.

Penulis: Silmi Adawiya.[]Sumber: bincangsyariah.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.