13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Surga, Balasan Bagi Orang yang Rajin Baca Ayat Ini

...

  • PORTALSATU
  • 30 November 2017 18:40 WIB

Foto: ilustrasi. @istimewa
Foto: ilustrasi. @istimewa

Sebagai umat muslim, selain shalat (salat) lima waktu yang menjadi kewajiban kita, ada juga ibadah-ibadah penunjang pahala yang dapat kita lakukan. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam selalu menunjukkan keutamaan-keutamaan yang dapat kita lakukan dan membuat kita mendapatkan pahala dari Allah Ta'ala.

Terkadang amalan tersebut terkesan sederhana, tetapi ternyata manfaatnya sangat luar biasa. Seperti amalan yang satu ini, kita hanya perlu membaca satu ayat ini setelah salat, dan insya Allah, kita akan dimasukkan ke surga oleh Allah Ta'ala. Ayat apakah itu?

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An Nasai)

Maksud hadis tersebut adalah, tidak ada yang menghalangi masuk surga setelah ia meninggal dan berada di akhirat nanti. Tentu membaca ayat kursi bukan suatu hal yang susah dilakukan. 

Mengapa ayat kursi begitu utama sehingga Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengagungkan ayat ini?

Sebelum membahasnya, berikut adalah arti dari ayat kursi yang terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 255.

"Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.
Setelah membaca arti dari ayat kursi tersebut, kita sedikit tahu alasan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam begitu mengagungkan ayat ini.

Menurut Imam Nawawi Rahimahullah dalam Syarah Shahih Muslim, hal ini dikarenakan di dalam ayat kursi terdapat nama dan sifat Allah yang penting, yaitu sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, dan sifat kehendak.

Jadi, setelah salat, selain berdoa dan berzikir, ditambah juga membaca ayat kursi. Semoga Allah Ta'ala memasukkan kita ke dalam surga-Nya.[] Sumber: infoberitaunikterbaru

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.