26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bentuk Duniamu di Ritsumeikan Asia Pacific University

...

  • PORTALSATU
  • 27 January 2019 10:35 WIB

Hijrah Saputra - Ritsumeikan Asia Pacific University
Hijrah Saputra - Ritsumeikan Asia Pacific University

Jepang menjadi salah satu tujuan favorit untuk belajar di luar negeri. Negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Matahari Terbit ini memiliki daya tarik yang luar biasa, sebut saja anime, manga, bunga sakura, ninja dan masih banyak lagi lainnya.

Ritsumeikan Asia Pacific University atau dikenal dengan APU ini merupakan salah satu kampus favorit pilihan anak-anak Indonesia dan juga pilihan banyak dari negara lain untuk belajar di Jepang. Di APU, kita tidak hanya bisa merasakan kehidupan di Jepang, tetapi juga kehidupan berbagai macam budaya dari negara berbeda.

Ada kurang lebih 90 negara di sini, jadi tidak heran jika dalam satu kelas kita bisa menemukan 40 hingga 50 etnis yang berbeda dengan berbagai bahasa dan berbagai aksen. Terkadang ketika diskusi di kelas saya bingung untuk bisa menebak apa yang diutarakan oleh teman-teman yang lain, tetapi di situlah menariknya, saya bisa merasakan keberagaman budaya yang dapat jalan harmonis bersama, sesuai dengan taglinenya APU, “Shape your World.”

Kampus Merah yang didirikan pada tahun 2000 ini berada di kota Beppu, Perfektur Oita. Kota Beppu termasuk sebuah kota kecil dengan populasi kurang lebih hanya 200 ribu orang. Walaupun kecil, Kota Beppu termasuk salah satu daerah tujuan wisata baik lokal maupun internasional karena banyaknya jumlah pemandian air panas atau yang dikenal dengan sebutan onsen. Kota ini berhasil menarik hingga 8 juta wisatawan setiap tahunnya.

Lokasi kampus APU sendiri berada di salah satu pegunungan di Beppu, untuk menuju ke sana memakan waktu selama 30 menit dengan menggunakan bus kota dari stasiun Beppu. Walaupun masih termasuk kampus baru, APU sudah menarik banyak pelajar dari seluruh dunia, bahkan termasuk kampus yang memiliki mahasiswa terbanyak jumlah negaranya.

Tujuan kampus ini mendorong para mahasiswa untuk hidup dengan lingkungan multikultural. APU fokus mempersiapkan para mahasiswanya untuk berperan dalam dunia internasional. Oleh karena itu kelas-kelas yang ditawarkan di APU cenderung memiliki hubungan dengan dunia internasional. Program belajar yang ditawarkan APU adalah program sarjana dan pasca sarjana. Untuk program sarjana ditawarkan dua macam fakultas, Fakultas Asia Pacific Management (APM) yang melingkup Accounting & Finance, Marketing, Strategic Management & Organization, dan Innovation & Economics, sedangkan Fakultas Asia Pacific Studies (APS) terdiri dari Environment & Development, Culture, Society & Media, International Relations & Peace Studies dan Tourism & Hospitality.

Untuk jurusan Tourism and Hospitality (TH) jadi jurusan yang bergengsi karena pada awal tahun 2018, APU mendapat sertifikasi TedQual dari badan organisasi dunia pariwisata (UNWTO) untuk kampus yang mempunyai kualitas pendidikan, penelitian dan program pelatihan pariwisata yang baik. Sertifikasi ini membuat APU menjadi salah satu dari dua institusi di Jepang dan jadi satu-satunya kampus swasta di Jepang yang mendapat sertifikasi TedQual. Bagi saya pribadi kampus APU memberikan kesempatan untuk bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang sedang mengembangkan pariwisata, sehingga saya bisa merasakan langsung bagaimana cara mereka mengembangkan wisata baik local maupun internasional.

APU juga memberikan banyak beasiswa untuk mahasiswa yang akan kuliah di sana dan sedang berkuliah di sana, selain itu juga kampus memberikan kesempatan mahasiswa untuk bekerja paruh waktu di kampus sehingga membuat mahasiswa terbiasa masuk dalam dunia kerja dan juga bisa merasakan ikut andil bersama dalam membantu proses belajar mengajar.

Salah satu keberhasilan APU adalah ikut membantu perubahan Kota Beppu yang awalnya menjadi kota pensiunan menjadi Kota yang dinamis dan internasional, membuat Beppu menjadi kota yang menjadi tujuan pendidikan dunia, hal ini juga yang membuat APU masuk ke dalam daftar 10 kampus terbaik di Jepang.[]

Penulis: Hijrah Saputra, S.T.

Master Student of Tourism and Hospitality at Ritsumeikan Asia Pacific University

Owner & Founder Piyoh Design & Mister Piyoh

Creative Leader of The Leader (www.the-leader.org)


*Nominator Frans Seda Award 2016
*Marketeer Of The Year Markplus 2015

*Marketeer Techno Start Up Icon 2014

*MDGs Award winner 2013

*Wirausaha Muda Mandiri Creative Industry 2013

*Runner Up My Selangor Story 2013

*Agam Tourism Ambbassador of Provinsi Aceh 2008.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.