12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aksi Sosial Relawan Muda Meulaboh Berkonsep Ramah Lingkungan

...

  • portalsatu.com
  • 19 May 2020 13:00 WIB

Relawan Muda Meulaboh.
Relawan Muda Meulaboh.

Sekumpulan pemuda meulaboh yang tergabung dalam sebuah aliansi komunitas bernama Relawan Muda Meulaboh melakukan aksi sosial,  yakni berbagi sembako dan santunan anak yatim di bulan Ramadan dengan konsep ramah lingkungan, di Meulaboh, 18 Mei 2020.

Relawan Muda Meulaboh membuka open donasi selama 6 hari dan berhasil mengumpulkan uang sebanyak 9 juta Rupiah dari berbagai sponsor dan donatur, total sponsor yang ikut mendukung agenda ini adalah 30 sponsor dari berbagai elemen seperti pengusaha kecil, pengusaha besar, pemilik cafe, warung kopi, dan sebagainya. 

Komunitas ini berhasil menjadi perantara kegiatan sosialnya dengan 30 paket sembako yang disalurkan ke masyarakat fakir dan kaum dhuafa di sekitar Meulaboh yang layak disalurkan. Kemudian memberikan santunan anak yatim sebanyak 75 orang dari berbagai desa di Aceh Barat yang dilaksanakan di masjid Al-mabrur, ujung Kalak. Dan sebagai penutup, menjelang berbuka Relawan Muda Meulaboh membagikan paket berbuka sebanyak 50 paket kepada pengemis, tukang parkir, tukang becak dan masyarakat yang layak diberikan.

Konsep dalam kegiatan ini adalah "Less Plastic" atau ramah lingkungan dengan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. Saat pemberian paket sembako, tidak menggunakan plastik yang nantinya akan menjadi sampah dan menganggu lingkungan. Jenis yang dipakai adalah paper bag, yang dapat dipakai beberapa kali.

Putra Pariwisata Nusantara Aceh 2019, Risky Abdullah Saidi, yang ikut dalam tim, mengatakan, tujuan dari agenda tersebut, selain memberikan sembako ke masyarakat yang membutuhkan, santunan anak yatim dan paket berbuka, ialah lebih mengarah kepada edukasi tentang bagaimana masyarakat harus peka terhadap permasalahan sampah plastik sekali pakai, karena itu dalam agenda ini kami mengangkat konsep minim plastik Ramah lingkungan.

Fajar Oza Pratama, Ketua Gerakan Peduli Lingkungan Meulaboh, mengatakan, saat ini sampah plastik sangat menjadi masalah di Indonesia bahkan dunia. Masyaraat diharapkan peka terhadap permasalahan ini, karenanya dilakukan edukasi yang dikemas dalam aksi sosial ke masyarakat.

Fasilitator Anak Aceh Barat, M. Budi Iskandar Muda, mengatakan, pemuda harus aktif dan produktif dalam mengangkat isu lingkungan yang terus rusak akibat sampah plastik yang terus menerus dipakai dan dibuang karena pemakaiannya yang begitu singkat, ini menjadi permasalahan bersama.[]

Kiriman Taufik Sentana/Risky

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.