24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bank Indonesia Aceh Dukung Para Da'i Lebih Pro Aktif dalam Memasarkan Ekonomi Syariah

...

  • portalsatu.com
  • 10 March 2019 16:14 WIB

 

Jurnal oleh Taufik Sentana
Staf Ikatan Dai Indonesia Kabupaten Aceh Barat.

Ikatan Dai Indonesia Aceh menghadirkan pemateri dari Praktisi ekonomi, Yason Taufik Akbar dalam sesi Training Dai, Ahad, 10/03/2019 di Aula Grand Hotel Permata Hati, Banda Aceh. Yason merupakan lulusan Ekonomi Islam Erlangga, merupakan manajer pengembangan ekonomi syariah di Bank Indonesia Aceh.

Dalam paparannya, Yason mengajak para dai agar lebih consern dalam memasarkan produk ekonomi syariah. Hal ini berdasarkan pada risetnya bahwa konversi Bank Aceh ke syariah tidak berdampak pada tergerusnya nasabah di bank lain. Ia juga menegaskan, perlu mengingatkan masyarakat sgar untuk bersikap hemat,  jujur dalam timbangan, tidak merokok dan jangan terlalu mengikuti gengsi/gaya hidup hedonis, yang dengan gengsi itu memaksa diri dengan berhutang. 

Pada kasus ini, ia mencontohkan seorang petani cabai yang penghasilannya fluktuatif, mengajukan kredit agar dapat motor baru, padahal ia bisa membeli kontan walau tidak baru. Akhirnya setelah diarahkan, dan tidak terjebak dalam utang, ia akhirnya dapat membeli hewan ternak (sebagai aset) dengan hanya membeli sepeda motor yang bekas.

Dalam point lainnya disampaikan pula bahwa Bank Indonesia Aceh sangat mendorong pola transaksi syariah, untuk itu Bank Indonesia menggandeng Dayah dan Masjid sebagai pendekatan kultural dalam membangun kesadaran masyarakat. 

Maka para dai diharapkan bisa terdepan menjadi pionir. Bahkan, kurikulum khutbah di masjidpun mesti disemarakkan dengan tema ekonomi Islam. Sebab menurut pandangannya berdasarkan beberapa  ayat Quran (ar rum 40, Albaqarah 275-279 dan Aljumuah 9-11), bila kita abai akan akan hal pokok ini (ekonomi Islam) maka kesejerahteraan Aceh tak akan pernah kita rasakan dan bahkan bisa menjauh dari berkah Allah.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.