06 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


''Cinta Pertama'' di Kelieten

...

  • portalsatu.com
  • 29 June 2019 18:00 WIB

Gunung Kelieten. @lintasgayo.com
Gunung Kelieten. @lintasgayo.com

Ini sedikit pengalaman ceritaku saat mendaki gunung Kelieten, Takengon, Aceh. Gunung ini memiliki ketinggian 2930 MDPL, merupakan gunung tertinggi di Aceh Tengah, dan dilanjutkan dengan burni telong yang memiliki ketinggian 2624 MDPL. Sungguh pengalaman pertama yang bisa dibilang cukup luar biasa.

Pendakian pertama saya cukup menarik, dan sangat berkesan. Bagaimana tidak, itu adalah pendakian pertama saya, layaknya pribadi normal, saya memiliki kelemahan dalam hidup, salah satunya adalah "phobia akan ketinggian". .

Saya selalu mencoba menghilangkan kelemahan saya itu, dengan berbagai cara, tapi semua usaha berlalu sia sia. Saya mulai kebingungan, dan sampai pada saat saya mulai menonton video dokumenter bung @fiersabesari saat dirinya mendaki gunung, rasanya hati ini tertarik, jiwaku yang memang suka berpetualang seakan bergejolak, aku berkata dalam hati "AKU AKAN MULAI MENDAKI"

Ditemani seorang teman yang sudah berbekal pengalaman, saya diajari teknik dan ilmu dasar dalam mendaki gunung, banyak hal yang diajarinya, tentang bagaimana manajemen carrier, manajemen logistik, dan lain-lain. Yang paling kuingat saat ia berkata begini "mendaki bukan perkara tentang menaklukan gunung, tapi tentang menaklukan diri sendiri".

Saya semakin mantap, dan saya akan mulai mendaki. Ketika tiba saat saya mulai mendaki untuk pertama kalinya dalam hidup saya, semuanya diluar pemikiran saya, saya hampir saja kehilangan semangat mendaki saat stok air mulai menipis, dikarenakan tidak adanya sumber mata air di gunung tersebut. Dan juga kesalahan saya dalam manajemen air.

Tapi teman teman saya terus memberikan semangat agar sampai ke puncak. Dan sungguh luar biasa, ketika saya tiba di puncak, saya merasakan sesuatu yang belum pernah saya rasakan sebelumnya, yaitu "makna bersyukur". saya sangat bersyukur, gunung mengajari saya banyak hal dalam mensyukuri hal hal kecil, contohnya adalah belajar dalam kesederhanaan. Dan pendakian pertama ini juga ajang pembuktian pada diri saya sendiri bahwa saya mampu menaklukan rasa takut saya pada ketinggian. Dan akhirnya saya mampu menaklukannya.[]

Oleh Risky Abdullah
Mahasiswa Universitas Negeri Teuku Umar Meulaboh.

???? Mt. Kelieten, 2930 MDPL
???? Takengon, Aceh

@Risky_Absaa #ExploreToShare

Kiriman Taufik Sentana.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.