21 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dapat Penghargaan Erdogan, Mahasiswa Ini Buka Kursus Bahasa Turki Online

...

  • portalsatu.com
  • 12 September 2020 18:00 WIB

Imam Syafi’ie dan JM Vivi Violina, pengurus laman website Lügat.id, sebuah platform Kursus Bahasa Turki Online.
Imam Syafi’ie dan JM Vivi Violina, pengurus laman website Lügat.id, sebuah platform Kursus Bahasa Turki Online.

Turki kini menjadi daya tarik bagi jutaan orang di dunia, tak terkecuali Indonesia. Bukan hanya kuliner, budaya, dan pendidikannya, kini Bahasa Turki pun kini mulai diminati. Khususnya bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi di negeri dua benua ini.

Namun, kurangnya akses pusat belajar Bahasa Turki terkadang menjadi hambatan, dikarenakan Bahasa Turki termasuk bahasa yang cukup sulit dipelajari. Dari sinilah, Imam Syafi’ie (25), asal Madura, dan JM Vivi Violina (26), asal Aceh, sukses membentuk platform Kursus Bahasa Turki Online yang diberi nama Lügat.id. 

Imam adalah mahasiswa yang mendapatkan Penghargaan Mahasiswa Internasional Berprestasi YTB Scholarship langsung dari Presiden Erdogan di tahun 2019. Menetap selama enam tahun di Turki dan kuliah di jurusan Sejarah, Ankara University, membuat Imam memiliki kapasitas berbahasa Turki yang sangat baik. Ia bahkan merupakan lulusan dari TÖMER (Pusat Belajar Bahasa Turki) terbaik Turki yaitu Ankara University.

Saat ini Imam sedang melanjutkan studi Master di jurusan International Ottoman Studies, Istanbul Medeniyet University. Sedang Vivi adalah mahasiswa lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Turki, Marmara University dan saat ini sedang melanjutkan master di jurusan Konservasi dan Manajemen Warisan Budaya, Fatih Sultan Mehmet Vakif University. 

Berawal dari mimpi Imam dan Vivi untuk memiliki kursus Bahasa Turki terbesar dan terbaik bagi orang Indonesia, maka Lügât.id ini pun terbentuk. Dengan adanya platform ini, mereka berharap nantinya akan semakin banyak pelajar Indonesia yang dapat mempelajari Bahasa Turki tanpa harus ke Turki terlebih dahulu.

Memiliki pengalaman mendapatkan beasiswa Erasmus ke Polandia dan Jerman, Imam dan Vivi juga menyadari bahwa bahasa asing selain Bahasa Inggris saat ini menjadi nilai tambah yang sangat tinggi. 

Fokus utama dalam pelayanan kursus bahasa Turki online ini adalah dengan menghadirkan tutor-tutor pilihan yang merupakan lulusan dari Universitas Terbaik Turki dan memiliki sertifikat C1 kecakapan Bahasa Turki, sehingga kualitas para tutor pun tidak perlu diragukan lagi. Imam berharap, kursus ini juga dapat menjadi wadah bagi para alumni yang memiliki prestasi luar biasa. 

Para murid yang telah mengikuti kursus pun merasa puas, karena konsep yang ditawarkan agar fokus ke percakapan dan menjamin dapat lancar berbicara selama tiga bulan tercapai. 

Salah satu murid Lügât.id adalah Ika, mahasiswa UGM dan Dosen Akademi Komunitas Blitar mengatakan, meskipun belajarnya online, tapi cara tutornya menjelaskan bisa bikin kita paham seperti kalo belajar di kelas offline. Peserta untuk tiap kelasnya dibatasi jadi belajarnya bisa lebih intensif.

"Tutornya dijamin qualified karena lulusan TÖMER Ankara University. Materinya semua juga udah disediakan dan disupport juga dengan grup WhatsApp, jadi kalau ada materi yang gak paham bisa ditanyakan langsung kapan aja," kata Ika.

Walaupun menawarkan pelayanan premium, harga kursus masih sangat terjangkau, dimulai hanya dengan Rp 21.000 per jam peserta sudah dapat mendaftar kursus.

Selain itu, Lügât.id juga membagikan postingan berkaitan dengan frasa dan idiom yang biasa dipakai dalam Bahasa Turki melalui akun instgram @lugat_id, yang mana ungkapan-ungkapan tersebut hanya dapat diketahui oleh mereka yang sudah lama tinggal di Turki. Hal inilah yang membuat Lügât.id berbeda dengan kursusan yang lain.[]

Penulis: JM Vivi Violina, Mahasiswa di Turki asal Aceh, pengurus laman website Lügat.id, sebuah platform Kursus Bahasa Turki Online.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.