13 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di China, Kantin Halal Terakreditasi

...

  • HELMI SUARDI
  • 30 November 2017 14:40 WIB

kantin halal di China @Helmi Suardi
kantin halal di China @Helmi Suardi

Makanan yang baik adalah yang bermanfaat bagi kehidupan orang yang mengonsumsinya. Mengonsumsi makanan halal dan baik adalah suatu keharusan bagi kita sebagai umat muslim sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Tidak lain dan tidak bukan ialah semata demi kebaikan dan kemaslahatan kita sebagai hamba-Nya.

Keamanan pangan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya perhatian terhadap hal ini, telah sering mengakibatkan terjadinya dampak berupa penurunan kesehatan konsumennya, mulai dari keracunan makanan akibat tidak higienisnya proses penyimpanan dan penyajian sampai risiko munculnya penyakit dan lain sebagainya.

Di tempat saya tinggal yakni Wuhan, kantin halal tempat makan ini terakreditasi ada yang A, B dan C. Kantin yang terakreditasi A merupakan tingkat keamanan pangannya sangat baik, dan yang terakreditasi B merupakan bagus, sementara kantin yang terakreditasi C ini tingkat kemanan pangannya biasa tetapi sudah tergolong rendah tingkat keamanan pangannya. Jadi standar C ini tidak berarti restoran makanan akan menjadi masalah keamanan pangan, namun risikonya akan relatif besar. Tapi setiap kali rankingnya akan upaya untuk memperbaiki harapan untuk mengganti level C untuk mendapatkan level B atau A. Tidak hanya kantin/warung makan halal saja yang terakreditasi tetapi setiap kantin/warung yang tidak ada lebel halal juga.

Makna terakreditasi ini adalah tingkat atau level keamanan makanan dan minuman yang tersedia di kantin tersebut. Pada setiap kantin pasti ada satu supervisor yang selalu mengontrol keamanan dan kenyaman saat makan, guna agar ketertiban selalu terjaga.

Keamanan makanan ini diberlakukan di China untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat yang mengonsumsi makanan tersebut. Namun, tidak hanya saja keamanan makanan yang terus dicek oleh Komite Keamanan Pangan dan Obat-obatan akan tetapi juga dicek kondisi kesehatan para pegawai yang bekerja di kantin tersebut. Keamanan pangan ini dilakukan dengan baik, untuk mendorong kepuasan masyarakat secara signifikan.

Kantin-kantin di sini juga sebagian sudah dipasangkan CCTV guna untuk bisa melihat langsung apa yang dilakukan oleh para pekerja di dapur dan intinya di tempat mereka bekerja. Dan CCTV ini dipasangkan di ruang makan yang semua yang makan di situ dapat melihatnya.

Di dalam aturan yang tertera pada poster yang di tempel di kantin tersebut, kantin itu tidak boleh mengubah tata letak dan dan kondisi produksi juga menajemen dengan sewenang-wenang.

Di akhir kata pada peraturan tersebut yang dibuat oleh pemerintah setempat ialah mereka mengajak sesama untuk meningkatkan manajemen keamanan pangan dan bergandengan tangan untuk menciptakan kota dengan keamanan pangan yang baik.[]

Penulis adalah Mahasiswa asal Teunom, Aceh Jaya. Alumnus Fakulats Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, pada Program Master Jurusan Developmental and Educational Psychology di Huazhong Keji Daxue, Tiongkok.

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.