21 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Idul Adha 1441 H, Gampong Pisang Bucue Pidie Sembelih 5 Lembu

...

  • portalsatu.com
  • 01 August 2020 18:00 WIB

Penyembelihan kurban di Gampong Pisang Bucue, Kecamatan Sakti, Pidie, Aceh, Sumatra. @Istimewa
Penyembelihan kurban di Gampong Pisang Bucue, Kecamatan Sakti, Pidie, Aceh, Sumatra. @Istimewa

 

Sigli - Menjadi rutinitas bagi masyarakat muslim dalam menyambut hari raya Iedul Adha menyembelih hewan kurban tak terkecuali di Gampong Pisang Bucue, Kecamatan Sakti, Pidie, Aceh, Sumatra.

Ketua panitia qurban gampong Pisang Bucue, Ridwan Latief mengatakan penyembelihan qurban merupakan acara rutinitas dilakukan setiap tahun.

"Alhamdulillah tahun ini ada lima ekor lembu yang akan disembelih sumbangan dari beberapa donatur," ujar Ridwan Latief yang juga mantan Keuchik Gampong Pisang Bucue.

Mantan pengurus Forum Keuchik se Kabupaten Pidie itu mengatakan kesadaran masyarakat dalam berqurban saat ini sedang tinggi. Menurutnya hal tersebut karena semakin pahamnya masyarakat terhadap agama.

"Bahkan ada warga yang tinggal diluar gampong rencananya ingin berkurban disini. karena jumlah qurban yang lumayan banyak, kami dari panitia menyarankan agar diberikan ke tempat lain. Agar daging qurban bisa dinikmati oleh semua bukan hanya warga gampong pisang saja," ujar Ridwan Latif, yang juga bakal calon imum mukim Kandang kecamatan Sakti, Pidie.

Senada dengan itu Geuchik Gampong Pisang, Abd Rahman menyebutkan tingginya kesadaran masyarakat dalam berkurban dikarenakan adanya program "meuripe" atau patungan.

"Kita membuat program inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam berkurban. jika dulu satu kurban disembelih oleh satu keluarga dengan tujuh orang. Kini satu orang pun bisa berqurban dan dikumpulkan dananya oleh panitia hingga mencapai tujuh orang untuk dibelikan seekor sapi," ujar Abd Rahman.

Abd Rahman juga menambahkan bahwa persatuan masyarakat semakin kuat dengan adanya program meuripee kurban.

"Setelah diputuskan secara bersama kita menyembelihkan kurban di hari raya kedua. karena hari raya pertama, waktu yang sempit terhimpit dengan waktu Jum'at," ujar Abd Rahman.

Keuchik Gampong Pisang Bucue mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada donatur yang telah menyisihkan harta bendanya dengan niat yang ikhlas. Ia mendoakan agar para donatur diberikan rizki yang melimpah dan berkah oleh Allah S.W.T

"Terima kasih kami kepada panitia dan masyarakat yang telah ikut menyukseskan terlaksananya kegiatan penyembelihan qurban ini tahun ini. Hanya Allah ta'ala yang bisa membalasNya," tutup Abd Rahman.[]

Penulis: Muhajir 
Alumni Sekolah Menulis Hamzah Fansuri,
Sekjen Ormas Al Kahar.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.