24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Isi Tausiyah Syeikh Mu'nis untuk Penghafal Alquran

...

  • portalsatu.com
  • 21 March 2019 22:00 WIB

Setelah jeda dalam mengisi Daurah Quran Bersanad kedua yang diprakarsai IKAT Aceh 6-10 Maret 2019, Syeikh Abdurrahman Mu'nis juga mengunjungi Lhokseumawe dan sempat menyampaikan tausiyah setelah subuh di Masjid Baiturrahman, 20/03/2019.

Berikut petikannya yang dirilis Ust Khairunnashri dari Ikatan Dai Indonesia Kota Lhokseumawe.

1. Hafal Quran bukan sekedar baca tanpa mushaf. Tapi juga bagaimana membacanya dengan baik dan benar, dari segi makhraj, shifat, hukum dan lainnya. 

2. Ada orang yang belajar al-Quran sebentar saja. Padahal Nabi Muhammad Saw. belajar al-Quran pada Jibril selama 23 tahun, ayat per ayat, surat per surat. 

3. Imam adalah amanah. Hendaknya para imam membaca al-Quran dengan baik dan benar

4. Imam Ibnul Jazary berkata, "Semua wajib membaca al-Quran dengan baik dan benar. Jika salah, berdosa. Karena Allah turunkan al-Quran dengan baik. Jika kita baca salah, maka akan mengurangi al-Quran. Karena demikianlah Allah turunkan dengan baik, dan demikianlah sampai kepada kita."

5. Ada orang hafal Quran, tapi tak jaga makhraj, shifat, dan tajwid. Ada yang sudah hafal Quran, juga mampu membaca Quran dengan baik dan benar, tapi tak jaga perintah dan larangan Allah. Jadi harus kita paham yang kita baca, dan kita amal yang kita baca. 

Jadi penghafal al-Quran harus menjaga akhlak. 

6. Tidak ada orang yang tidak ada nafsu. Jika nafsu menyuruh kita membuat kita maksiat, maka kita harus melawannya. 

7. Sebelum jaga al-Quran, harus jaga niat. Harus ikhlas. Menjauhi dari riya. Jauhi sombong. Jauhi ujub, merasa diri lebih baik. Syaikh saya berpesan, "Jika engkau melihat ada orang yang tidak bisa baca al-Quran, maka jangan senang. Tapi kasihanlah padanya. Ajarkanlah dia."

8. Jika umat Islam ingin bahagia, maka peganglah al-Quran dengan sebaik-baiknya. Dan ini adalah janji Allah.

Perlu diketahui bahwa Syeikh Mu'nis dapat mahir dalam bahasa Melayu karena beberapa tahun ini ia sebagai dosen di salah satu kampus Malaysia. Beliau adalah salah seorang ulama muda Mesir yang telah mendalami Quran sejak kecil dan terlahir dari keluarga penghafal Quran.[]

Jurnal Oleh Taufik Sentana
dari Ikatan Dai Indonesia. Kab. Aceh Barat

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.