25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Innalillahi, Kepergian Tokoh Ini Membawa Duka Mendalam Masyarakat Pidie Jaya

...

  • Helmi Abu Bakar El-Langkawi
  • 14 November 2017 11:00 WIB

INNALILLAHI wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah salah seorang tokoh agama dan masyarakat berpengaruh yang menjadi referensi hidup dan disegani oleh masyarakat Pidie Jaya dan Bandar Dua,  khususnya, Teungku H. Mukhtar Hasballah.

Sang tokoh itu pergi untuk selama yang juga ayahanda Abiya Muhammad (Besan Abu MUDI) serta alumni senior Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, tepatnya, Senin, (13/11/2017), pukul 01.00 WIB di rumah al-marhum, Gampong Ulee Gle, Bandar Dua, Pidie Jaya.

“Inna lillahi wa inna ilahi rajiun. Pidie Jaya kembali berkabung. Kami masyarkat sangat terpukul dengan hilangnya salah seorang tokoh agama dan masyarakat yang sangat peduli terhadap persoalan umat dan bukan hanya itu beliau menjadi referensi hidup yang sangat sulit di cari penggantinya, sang almarhum juga ayahanda Abiya Muhammad (Besan Abu MUDI) dan alumni senior MUDI Masjid Raya Samalanga,” kata Tgk. Ibnu Abu Bakar salah seorang tokoh Pidie Jaya, Senin (13/11/2017).

Ia mengatakan ketokohan dan pengabdian al-marhum untuk masyarakat Pidie Jaya khususnya Bandar Dua dan sekitarnya bukan hanya kesehariannya sebagai pengusaha namun juga saban hari mengajari masyarakat ilmu agama (seumeubeut) untuk masyarakat.

“Pengabdian almarhum sangat ikhlas, saat kesibukannya sebagai bisnisman juga saban hari beliau seumeubeut untuk masyarakat termasuk para pemuda dan itu telah lama al-marhum tekuni,” lanjutnya.

Tgk. Ibnu juga menyebutkan hendaknya kepergian sang tokoh “referensi hidup” itu menjadi pelajaran untuk kita semua dan dapat meneladani apa yang telah almarhum lakukan selama ini serta dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya.

“Sungguh kepergian almarhum duka yang sangat mendalam untuk masyarakat Bandar Dua khususnya dan Pidie Jaya umumnya, namun di balik itu kita harus meneruskan apa yang telah beliau lakukan dengan penuh keikhlasan pengabdiannya untuk masyarakat baik di bidang agama maupun sosial masyarakat lainnya,” pinta tokoh yang aktif menyuarakan kebaikan dan perbaikan di Pidie Jaya itu.

Ia juga menambahkan hampir ribuan orang pelayat menyebabkan kemacetan Jalan Banda Aceh-Medan itu, tampak para ulama kharismtik lainnya seperti Ayah Cot Trueng juga hadir di samping Abu MUDI sendiri serta dewan guru dan santri dari berbagai dayah di Aceh. Almarhum dikebumikan sekitar jam 10.00 WIB di pemakaman keluarga almarhum.

"Sementara itu unsur pemerintah propinsi juga turut hadir nampak Kamaruddin Andalah, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Badan Kepegawaian Aceh dan beberapa pejabat dan tokoh  lainnya," sambungnya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.