19 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Inspirasi Pupuk Rumahan dari Sisa Kegiatan di Dapur

...

  • portalsatu.com
  • 29 September 2019 21:00 WIB

Beberapa bulan ini ada kegiatan beda yang dilakukan sang istri di dapur. Sebagai seorang guru yang mengampu pelajaran Biologi dan kewirausahaan, ia cukup kompeten dan aktif mengtualisasikan pengalamannya. Sudah tentu bahwa pengalaman tersebut juga merupakan hasil interaksi dengan beragam sumber dan media yang relevan, bahkan ada yang berdasarkan dari penelitian sederhana para siswa.

Adapun pada jurnal ini, yang menjadi kebiasaan baru istri saya tadi adalah mengumpulkan semua jenis sampah nabati dari sisa olahan/bahan masakan di dapur seperti sayuran dan lainnya.

 Menurutnya, ini lebih baik daripada membeli jasa pengepul pupuk dari kotoran hewan. Sekaligus mengajarkan pada anak bagaimana mendaur ulang dan memperbaiki/merawat lingkungan hidup. Pada lain waktu, sisa cucian beras dan bilasan pakaianpun dijadikan sebagai air siraman tumbuhan bunga di depan rumah.

Adapun sisa bahan sayuran dan jenis nabati lainnya itu dimasukkan dalam satu wadah, goni plastik, lalu didiamkan beberapa waktu sampai agak kering di lokasi yang teduh. Bahan itu nantinya akan dicampur dengan tanah dan dijadikan pupuk untuk tanaman di sekitar rumah kami.

Demikianlah sedikit inspirasi rumahan berbasis sisa bahan memasak dindapur yang bernilai guna untuk keperluan lain.[]

Penulis: Taufik Sentana

Hobi menulis dan bercocok tanam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.