23 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Liburan, SMPIT Teuku Umar Study Tour dan Tafakkur Alam

...

  • portalsatu.com
  • 30 December 2018 19:30 WIB

PENULIS bersama rombongan siswa/i SMPIT Teuku Umar melakukan Study Tour dalam rangka libur semester yang dirangkai dengan tafakkur alam, sambil  bersyukur dan  merenungkan segala fenomena yang terjadi di alam sekitar, baik itu dari suatu kejadian atapun dari pengalaman inderawi, seperti Firman Allah dalam Alqur'an, surat Ali Imran ayat 190-191, melalui ayat tadi  Allah mengajak  manusia untuk bertafakkur agar timbul kesadaran bahwa di balik itu ada zat yang Maha Kuasa dan Maha Pencipta.

Kegiatan ini berlokasi di Aceh Tengah, pada 24-26 Desember 2018, yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas IX. Terdiri dari 12 perempuan dan 10 laki - laki. Semuanya merasa sangat gembira telah mengunjungi beberapa tempat mulai dari tempat wisata seperti Burtelege, Laut Tawar, Panten Terung dan berarung jeram.  

Para siswa bisa menyaksikan keindahan alam kota dingin yg berselimut kabut jika dilihat dari atas pucak di waktu pagi, mereka juga  diajak ke Lukup Badak untuk menikmati keindahan sungai dan merasakan susahnya para nelayan mengarungi lautan yang ombaknya kadang tak menentu,  kemudian penulis beserta rombongan juga mendatangi tempat-tempat bersejarah  untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan seperti Legenda Putri Pukes, dan Loyang Mandale yang merupakan sejarah dimasa lampau.  

Disamping itu, kami juga mencicipi Gulai Asam Jing yang merupakan makanan khas Aceh Tengah, di sela sela kesibukan selama di sana, para  siswa/i ettap melakukan kegiatan rutin khas sekolah Islam terpadu seperti tilawah Qur'an,  Qiyamul lail, Almatsurat (dzikir) pagi dan petang meski terkadang dilakukan di perjalanan saat di dalam mobil.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan para siswa dan pengalaman mereka. Pun diharapkan pula dapat menambah iman dan sikap ukhuwah/ rasa sayang sesama teman. 

Sehingga menjadi kenangan yang indah jika berpisah nanti, study tour berlangsung selama 3 hari 2 malam dan bermalam di Kampung Kopi. Kegiatan berakhir dengan berbelanja di pasar pagi Ilalang untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Segala puji bagi Allah yang telah memudahkan perjalanan kami. Moga bermanfaat.[]

Penulis: Nisa

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.