25 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Menikmati Musim Gugur di Yufuin

...

  • PORTALSATU
  • 11 February 2019 12:00 WIB

Hijrah Saputra - Musim Gugur Yufuin Oita Jepang. Foto: dokumen/istimewa
Hijrah Saputra - Musim Gugur Yufuin Oita Jepang. Foto: dokumen/istimewa

Jepang jadi incaran banyak wisatawan dari berbagai negara. Selain memiliki kebudayaan yang menarik, Jepang juga mempunyai keindahan alam. Negara yang memiliki empat musim ini menawarkan pemandangan yang berbeda-beda di setiap musimnya.

Salah satu yang menjadi tujuan banyak wisatawan internasional di Perfektur Oita adalah Kota Yufuin. Kota kecil yang berada dekat dengan Kota Beppu ini merupakan area mata air panas yang berasal dari Gunung Api Yufu yang sering juga disebut Gunung Fuji-nya Oita. Yufuin tidak memiliki gedung tinggi sehingga kita bisa puas hati memandang pegunungan indah di sini. Inilah usaha masyarakat Yufuin untuk terus menjaga pemandangan alamnya.

Untuk menuju Yufuin, wisatawan bisa menggunakan bus wisata dari Beppu yang disebut dengan Yufurin, berwarna ungu didesain lucu ala kartun jepang. Perjalanan ditempuh kurang lebih satu jam dari Kota Beppu atau bisa menggunakan bus langsung dari Bandara Fukuoka selama dua jam perjalanan.

Kota Yufuin pernah mengalami gempa pada tahun 1975. Namun penduduk Yufuin memiliki cara pandang positif terhadap gempa dan dampaknya. Sepertinya itulah kekuatan dari warga Yufuin yang telah melewati bencana serupa di masa lalu. Bencana gempa tersebut dijadikan awal untuk melahirkan ide-ide kreatif seperti wisata kereta kuda yang jadi khas Yufuin, serta Festival Film Yufuin yang punya sejarah tertua di Jepang.

Salah satu jalan yang populer di Yufuin adalah Jalan Yunotsubo Kaido. Di sini kita bisa mampir ke kedai untuk jajan atau membeli oleh-oleh seperti Jalan Malioboro yang ada di Yogyakarta. Ada lebih dari 80 toko memenuhi sepanjang jalan area ini. Ada toko kue yang penuh antrean saat akhir pekan, ada juga rumah makan dengan menu sayuran produksi lokal, serta toko kerajinan tangan setempat.

Menariknya banyak toko yang memiliki tema-tema menarik seperti Café Snoopy, Café Sanrio, Café Kumamon, Café Kucing, Café Anjing dan masih banyak lagi lainnya. Yang menjadi banyak incaran wisatawan adalah toko Totoro, tokoh terkenal dari Studio Gibli ini menyediakan berbagai pernak-pernik dari film My Neightbor Totoro, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Selain itu ada sebuah kompleks yang dibuat menjadi sebuah perkampungan bunga yang disebut dengan Floral Village Yufuin. Di sana setiap kedai jualannya dibentuk seperti bangunan Eropa tempo dulu, juga dilengkapi kebun binatang mini, seperti burung hantu, kelinci, tupai dan kambing yang bisa diberi makan.

Perjalanan berakhir di Danau Kinrinko.

Danau Kinrinko merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Yufuin. Katanya di bagian bawah danau terdapat sumber air panas dan mata air alami, sehingga membuat temperatur airnya tinggi. Pada musim dingin, perbedaan suhu air danau dengan suhu udara memunculkan kabut di sekitar danau dan menghasilkan pemandangan menakjubkan. Sisik-sisik ikan yang hidup di danau ini akan berkilau bila terkena sinar matahari sore. Kilaunya Tampak seperti emas sehingga danau ini diberi nama Kinrinko yang berarti "sisik emas".

Ketika musim gugur danau ini menjadi spot yang paling banyak dikunjungi untuk dijadikan tempat berfoto romantis. Karena kita bisa melihat kombinasi warna yang indah dari pohon-pohon yang ada di sekitar danau, hijau, kuning, jingga hingga merah.

Menarik, ya? Kalau kamu berkunjung ke Oita Jepang, jangan lewatkan liburan ke Yufuin![]

Penulis: Hijrah Saputra, S.T.

Master Student of Tourism and Hospitality at Ritsumeikan Asia Pacific University

Owner & Founder Piyoh Design & Mister Piyoh

Creative Leader of The Leader (www.the-leader.org)

*Nominator Frans Seda Award 2016
*Marketeer Of The Year Markplus 2015

*Marketeer Techno Start Up Icon 2014

*MDGs Award winner 2013

*Wirausaha Muda Mandiri Creative Industry 2013

*Runner Up My Selangor Story 2013

*Agam Tourism Ambbassador of Provinsi Aceh 2008.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.