18 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mop-Mop Meurak Jeumpa Aceh Dikunjungi Dua Kampus Seni Sumatra

...

  • PORTALSATU
  • 08 January 2017 08:40 WIB

Tampilan Mop-Mop Sanggar Meurak Jeumpa Aceh, Paloh Raya, Krueng Mane, Muara Batu, Aceh Utara, didatangi mahasiswa teater ISBI Aceh dan mahasiswa Pasca Sarjana ISI Padangpanjang, Sabtu, 7 Januari 2017. @Ist
Tampilan Mop-Mop Sanggar Meurak Jeumpa Aceh, Paloh Raya, Krueng Mane, Muara Batu, Aceh Utara, didatangi mahasiswa teater ISBI Aceh dan mahasiswa Pasca Sarjana ISI Padangpanjang, Sabtu, 7 Januari 2017. @Ist

BANDA ACEH - Teater Rakyat Aceh, seni “Mop-Mop” di bawah Sanggar Meurak Jeumpa Aceh, gampong Paloh Raya, Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, didatangi mahasiswa/mahasiswi Prodi Teater ISBI Aceh, Jantho, Aceh Besar, dan mahasiswa Pasca Sarjana ISI Padangpanjang, Sabtu, 07 Januari 2017.

Dalam pertemuan tersebut para tamu dari dua kampus yang membidangi segala macam kesenian itu, melihat secara langsung bagaimana teater seni mop-mop diperagakan oleh para ahlinya.

Ketua Sanggar Meurak Jeumpa Aceh, Nyakman Lamjame, mengakatan, bahwa tidak hanya melihat teater itu sahaja, melainkan seketika dipraktek oleh para mahasiswa dan mahasiswi tersebut.

“Setelah melihat secara langsung seperti apa seni mop-mop itu, mereka terus mempraktekkannya,” ujar Nyakman.

Acara yang dimulai dari siang sampai sore hari itu, juga disiisi diskusi budaya dan workshop. Seni mop-mop ini sudah menjadi mata kuliah wajib program studi di ISBI Aceh. Di antara para tetamu yang hadir terlihat juga seniman-seniman aceh di antaranya Said Jaya, Andi Achademix 87, dan lain-lain.   

Nyakman Lamjame mengatakan, acara itu tidak disediakan panggung, para peraga teater seni mop-mop mempentaskan piasan tersebut di atas rumput.

Namun acara pada pertemuan itu berjalan lancar, sukses walaupun se-ala kadarnya saja.

"Saya sangat berterimakasih kepada para mahasiswa, mahasiswi dan dosen-dosennya yang sudah mengunjungi kami di sini. Begitu juga kepada warga kampung dan para tetamu yang sudah berhadir di kesempatan ini,” ungkap ketua Sanggar Meurak Jeumpa tersebut.[]

Penulis: Syukri Isa Bluka Teubai

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.