21 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah, Mapesa dan Pedir Museum

...

  • PORTALSATU
  • 09 August 2018 14:30 WIB

Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah. @istimewa
Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah. @istimewa
Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah. @istimewa
Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah. @istimewa
Pameran Sejarah Aceh di Stan Cisah. @istimewa

BANDA ACEH - Sejarah dan Kebudayaan Aceh memiliki warna tersendiri dalam waktu dan ruangnya. Warna itu kemudian menjadi pengaya bagi wilayah lainnya di Asia Tenggara.

Sumber dari warna itu tidak lain adalah kehadiran Islam sebagai pemberi rahmat ke semesta alam. Warna yang mulai terlupakan, bahkan perlahan sedikit buram karena tertutup debu dari segala isme yang masuk kemudian.

Sedikit beruntung bahwa warna itu masih dapat kita kenal dengan adanya tinggalan-tinggalan arkeologi. Dari sekian banyak tinggalan arkeologi di Aceh, nisan, mata uang, dan manuskrip menjadi yang paling mencolok untuk mewakili warna itu. 

Untuk itu CISAH, MAPESA dan Pedir Museum, mengambil peran untuk memperkenalkan tinggalan-tinggalan sejarah Aceh kepada masyarakat luas. 

Dalam event 'Aceh History Expo (Pameran Sejaran Aceh)’, Lembaga CISAH, MAPESA dan Pedir Museum mencoba memamerkan artefak-artefak tinggalan sejarah Islam mulai dari periode Bandar Sumatra (Pasai), Bandar Lamuri dan Bandar Aceh Darussalam.

Artefak yang dipamerkan adalah batu nisan berinskripsi, varian nisan, nisan yang belum selesai pemahatannya, manuskrip dan mushaf Alquran kuno, mata uang emas, fragmen gelang kaca, manik-manik kuno, berbagai senjata, cap, ragam perhiasan, dan berbagai tinggalan lainnya.

Ketiga lembaga yang konsen dalam bidang sejarah dan kebudayaan Aceh ini berusaha untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dengan bukti-bukti yang otentik. Sasaran utamanya adalah pelajar-pelajar baik tingkat dasar maupun perguruan tinggi, agar kedepannya generasi Aceh mengenal identitasnya dengan baik. Dan dapat menata kehidupan sosial budayanya sesuai dengan identitas.

Bagi masyarakat, terutama pelajar yang ingin mengenal lebih dekat dengan Sejarah-Kebudayaan Aceh, bisa mengunjungi stan CISAH, MAPESA dan Pedir Museum pada event Aceh History Expo yang diadakan di Kompleks Museum Negeri Aceh.

Aceh History Expo adalah salah satu dari rangkaian Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh, 5-15 Agustus 2018. PKA adalah perhelatan akbar yang berusaha mengenalkan berbagai kebudayaan di Aceh.[]

Penulis: Arya Purbaya/Koordinator Ekspedisi CISAH

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.