26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Pemilu 2019, Cara Gampong Blang Matang Kuli Patut Dicontoh

...

  • portalsatu.com
  • 20 April 2019 10:15 WIB

Penghiitungan suara oleh KPPS Gampong Blang Matang Kuli, Aceh Utara. @Istimewa/Muhammad Yusuf
Penghiitungan suara oleh KPPS Gampong Blang Matang Kuli, Aceh Utara. @Istimewa/Muhammad Yusuf

Hari pemilu telah terlaksana di seluruh Indonesia 17 April 2019. Tidak sedikit dari partai peserta pemillu yang tidak memiliki saksi partai di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti halnya yang terlihat di beberapa TPS di Aceh. 

Setelah selesai pemilihan tentu saja banyak orang, baik masyarakat umum, para caleg maupun timses dari masing-masing caleg,  yang ingin segera tahu bagaimana hasil rekapitulasi suara pada lembaran data yang disebut C1 pada setiap TPS. Tetapi informasi ini tidak mudah didapat, karena tidak terpublis di tempat umum atau sekitar TPS setelah hasil rekapitusi suara. 

Ada yang menarik seperti yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Gampong Blang Matang Kuli, Aceh Utara. Setelah selesai direkapitulasi hasil pemungutan suara langsung menempelkan salinan C1 di papan penguman Meunasah Gampong setempat. 

Sehingga apa yang dilakukan oleh KPPS Gampong Blang Matang Kuli patut dicontoh oleh para KPPS di setiap gampong lain di seluruh Aceh, sehingga masyarakat bisa melihat langsung kapan saja. 

Ternyata, menurut Muhammad Fajar, anggota KPPS Gampong Blang Matang Kuli mempublikasikan hasil pemungutan suara tersebut di sekitar TPS atau gampong masing-masing pasca pemungutan suara adalah kewajiban bagi setiap KPPS di setiap gampong. Apabila tidak melakukan itu sudah melanggar Undang-Undang Pemilu.[]

Penulis: Muhammad Yusuf Bombang (Apa Kaoy).

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.