15 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Puluhan Pelajar SMAN 5 Lhokseumawe Kunjungi Museum Islam Samudra Pasai

...

  • PORTALSATU
  • 27 August 2019 16:30 WIB

Foto: Anzir
Foto: Anzir
Foto: Anzir
Foto: Anzir

SAMUDERA - Sebanyak 43 pelajar SMA Negeri 5 Lhokseumawe mengunjungi Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Selasa, 27 Agustus 2019.

“Kunjungan ini bagian dari kegiatan rutin tahunan yang diadakan Pelisa (Pelajar Peduli Sejarah Aceh) SMA Negeri 5 Lhokseumawe ke situs-situs sejarah. Kali ini mengunjungi Museum Islam Samudra Pasai yang bekerja sama dengan pihak Museum dan CISAH,” ujar Al-Muzalir, S.Pd., Guru Seni Rupa sekaligus Pembina Pelisa SMA Negeri 5 Lhokseumawe.

Al-Muzalir menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar para pelajar SMA memperoleh pengetahuan tentang sejarah Kesultanan Islam Sumatra (Samuda Pasai) dengan melihat bukti-bukti autentik yang ditemukan para ahli di bidangnya.

“Untuk menghindari distorsi sejarah Kesultanan Islam Sumatra yang sudah beredar selama ini. Jadi, Pelisa ingin mempelajari sejarah berdasarkan kebenaran, bukan rekaan dari cerita tutur dan hikayat yang belum tentu sumbernya benar,” ungkap Al-Muzalir. 

Kegiatan dengan tema “Belajar Bersama di Museum Islam Samudra Pasai” itu difasilitasi Edukator Museum. Acara itu dilanjutkan dengan diskusi bersama tentang pengetahuan yang diperoleh para pelajar SMAN 5 Lhokseumawe melalui pengamatan dan penjelasan di Museum. Diskusi dipandu Nurliana NA., Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara sekaligus Kepala Museum Islam Samudra Pasai.[]

Penulis: Anzir

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.