13 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Serba-Serbi I'tikaf Ramadan Bersama Ikadi Aceh Barat

...

  • portalsatu.com
  • 04 June 2019 14:00 WIB

Suasana sahur bersama 25 Ramadan 1440 H, bersama Ikadi Aceh Barat, GPS dan KAMMI. @Taufik Sentana
Suasana sahur bersama 25 Ramadan 1440 H, bersama Ikadi Aceh Barat, GPS dan KAMMI. @Taufik Sentana

Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Aceh Barat bersama BKM An-Nur Rundeng dan dari elemen Mahasiswa serta unsur masyarakat telah menyelesaikan serangkaian program i'tikaf yang dimulai  sejak 25 Mei 2019 lalu dan akan berakhir pada hari ini, 4 Juni  2019.

Dalam I'tikaf tersebut dilaksanakan beragam kegiatan utama yang bertujuan memberikan nutrisi bagi ruh, begitu kata Ust. Surianto S, Lc.MA selaku penasihat IKADI Aceh Barat yang disampaikan pada sesi pembukaan. 

Kegiatan tersebut antara lain, tadarus Quran, tahsin dan tahfiz, qiyamullail, dan kajian dhuha.  Pada kajian Dhuha, pembahasan dititikberatkan tentang Adab bersama Alquran oleh Ust Tabsyir Lc MA dari Kitab Attibyan Imam Nawawi,  Tadabbur surah Alkahfi tentang Zulqarnain oleh Ust Surianto Lc MA, dan satu sesi untuk kajian sirah/sejarah Islam oleh Ust Husam Lc. MA.

Di samping kegiatan tersebut para peserta yang berjumlah sekitar 70 orang ini, telah melakukan kegiatan baksos di lokasi Masjid An Nur. Suasana yang paling syahdu adalah saat sahur bersama, tadarus selepas tarawih dan qiyamullail. 

Sedangkan yang paling menantang adalah saat menentukan jumlah peserta yang ikut sahur bersama, karena bisa jadi yang ikut sahur lebih banyak dari yang telah didata pada jam tertentu, disebabkan ada yang datang selepas tengah malam.

Sebagian dari peserta merupakan anak anak muda dan remaja, (lk/pr) bahkan ada yang masih kanak-kanak usia 4-6 SD. Kesemuanya tampak antuasias mengikuti program i'tikaf, walau sesekali terasa lelah dan digoda kantuk serta beberapa kenakalan" khas anak anak, dari susah tidur, keasyikan main hingga lupa tilawah dan setor hafalan Quran.

"Secara khusus panitia banyak berterima kasih pada pihak BKM An Nur dan para donatur/munfiq yang telah berkontribusi besar dalam terselenggaranya program i'tikaf ini, apalagi jumlah peserta yang ikut melebihi target, sekitar 50 an peserta saja," kata Reza S selaku ketua panitia.[]

Jurnal oleh Taufik Sentana.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.