20 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Trainer Malaysia Beri Pelatihan Bahasa Arab untuk Memahami Alquran

...

  • portalsatu.com
  • 12 December 2018 23:59 WIB

PARA guru yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia mengikuti pelatihan Bahasa Arab di Nagan Raya, 12/12/18. Trainernya diundang dari Malaysia, yaitu Ustaz Abd. Radzi dan Ustaz Datok Mustafa Kamal.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Pesantren Nurul Ukhuwah Nagan Raya. Para peserta terdiri dari guru Quran  yang mengajar di SDIT dan SMPIT Nagan Raya maupun Meulaboh.

Kedua trainer menyampaikan teknik dasar memahami bahasa Arab Alquran yang seluruhnya terdiri dari 78.000 kata. Dengan memahami teknik dan statistika kosa kata maka akan terasa lebih mudah. Terutama karena ada ratusan kata yang selalu diulang dalam Quran. 

Adapun yang menjadi landasan pembelajaran ini diantaranya adalah Firman Allah dalam Surat Alqamar, bahwa Allah telah memudahkan Alquran untuk dipelajari. Sehingga kita hanya tinggal mempelajari teknik dan polanya yang bisa dipelajari secara mandiri.

"Misal, dalam bacaan ritual shalat, dari azan, wudhu dan ayat ayat yang sering kita baca, khususnya dari Surat Humazah hingga An-naas sudah mengandung 4000 kata  yang diulang dalam Quran, yang setiap halaman (muka surat) mengandung 130 kata,"  ungkap Ust. Datok Mustafa.

Para peserta juga dikenalkan dengan konsep dasar Nahwu dan Sharf dengan metode  Total Physical Interaction (TPI). Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari.[]

Penulis: Taufik Sentana

Guru SMPIT (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu) Teuku Umar, Meulaboh.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.