10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Gampong Pisang Bucue Pidie Protes Pembagian BLT

...

  • portalsatu.com
  • 30 June 2020 10:00 WIB

Ilustrasi dana desa (Liputan6.com/Rino Abonita)
Ilustrasi dana desa (Liputan6.com/Rino Abonita)

Sigli - Pembagian bantuan langsung tunai (BLT) di Gampong Pisang Bucue Kecamatan Sakti, Pidie, Senin (22/6/2020) dinilai menyisakan berbagai persoalan sehingga sebagian masyarakat memprotesnya.

Salah seorang warga, Jafaruddin, menyayangkan sikap aparat desa yang dinilainya pilih kasih dalam pembagian bantuan tunai akibat dampak pandemi virus corona.

"Saya bukan PNS, bukan aparat desa. Juga bukan penerima PKH. Bahkan saya belum menerima bantuan pemerintah apapun," ujar Jafarudin.

Jafaruddin menduga ada penyelewengan yang dilakukan oleh oknum aparat desa dalam pembagian BLT tersebut.

"Sebelum BLT dibagikan di meunasah gampong yang turut dihadiri camat dan Muspika Sakti, telah dimintakan data saya sebagai salah seorang penerima bantuan ini. Namun saat dibagikan, nama saya malah tidak ada dalam daftar," ujarnya.

Selain itu, Ruslan, warga yang usahanya terkena dampak wabah covid menilai, kebijakan yang dilakukan oleh aparat gampong tersebut terlihat lebih mementingkan kedekatan pribadi dan kekeluargaan dibandingkan keadilan.

"Saya yang berprofesi di bagian konstruksi sangat merasakan bagaimana dampak wabah ini. Seharusnya geuchik dan aparat gampong bijak perihal ini. Mesti mengedepankan rasa keadilan. Gampong lain semuanya dibagi tanpa memandang status," protes Ruslan.

Senada dengan itu, Bakhtiar Hasan juga menyesalkan kebijakan yang tidak lazim dalam pembagian BLT tersebut.

"Kondisi kaki saya yang tidak bisa bergerak secara normal. Semestinya sayalah yang paling berhak diberikan," protes Bakhtiar yang juga penderita dissabilitas.[]

Kiriman Muhajir,
Alumni Sekolah Menulis Hamzah Fansuri;
Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Pidie.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.