18 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Yang Unik dari Mukhayyam Quran SMPIT Teuku Umar

...

  • portalsatu.com
  • 25 November 2018 19:00 WIB

Salah seorang peserta Mukhayyam Quran SMPIT Teuku Umar.
Salah seorang peserta Mukhayyam Quran SMPIT Teuku Umar.

SELOLAH Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Teuku Umar Meulaboh mengadakan Mukhayyam Quran (Kemah  Quran) yang sudah menjadi agenda setiap semester.

Kegiatan ini menuntut para siswa untuk bermalam di kompleks SMPIT yang  berlangsung sejak Jumat pagi hingga Sabtu sore (24/11/18). Dengan metode ini diharapkan mereka tidak hanya fokus untuk menghafal dan mengulang, tapi berguna juga untuk melatih kemandirian, sikap qanaah dan persaudaraan.

Peserta Mukhayam Quran terdiri dari 44 orang putri dan 33 peserta putra. Mereka terbagi  dalam tiga  kategori. Pertama, kategori tahsin yaitu khusus mengulang pelajaran tahsin untuk menata bacaan sesuai dengan tajwid.

Kedua, kelompok tahfidz,  yaitu para peserta yang dianggap telah lulus tahsin dan boleh melanjutkan hafalan dengan target 3 lembar. Ketiga,  kategori murajaah, yaitu khusus menyetorkan ulang hafalan kepada guru/musyrif.

Selain target perkategori, juga ada target umum yang akan dicapai dalam program ini. Yaitu tilawah sebanyak 2 juz selama acara berlangsung.  Dalam kesempatan ini  dilaksanakan juga qiyamul lail dan shalat berjamaah secara terpisah antara akhwat dan ikhwan.

Menurut Ust Attaillah, koordinator dalam acara ini, diantara yang menarik perhatian adalah saat para siswa menghafal dan menyetorkan hafalannya

"Ada yang serius, ada yang rileks tanpa beban, ada yang sangat pingin jadi yang terbaik sehingga berebut stor berulang ulang. Yang lebih takjub lagi, mereka punya trik sendiri dalam mengorek (mengingat) setoran hafalannya seperti memijit-mijit tangan sendiri, melipat-lipat ujung bajunya, ada juga yang mengernyitkan dahi agar hafalannya keluar. Mereka bersemangat semua dalam menghafal. Tinggal kita menjaga semangatnya agar tidak pupus," ungkapnya.

Kegiatan Mukhayam Quran ini juga diselingi dengan games dan olahraga.

Acara ditutup dengan pemgumpulan nilai dengan hasil berikut: Juara terbaik Kategori hafalan  sebanyak 5 halaman (Fadilah Humaira)dan sebanyak 5 halaman 10 baris (Arfa).

 Adapun kategori murajaah terbaik putri  sebanyak 1,2 juz (Durrah) dan terbaik putra  sebanyak 3 juz (Haris). Kegiatan ditutup dengan Almatsurat sore dan doa bersama.[]

Kiriman jurnal oleh Nisa, Staf Program Tahfizh SMPIT Teuku Umar Meulaboh.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.