11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mengungkap Sejarah Asal Usul Nasi

...

  • portalsatu.com
  • 28 June 2020 21:30 WIB

@CNN Indonesia
@CNN Indonesia

Nasi adalah makanan pokok bagi orang Indonesia. Begitu juga dengan banyak negara lain di Asia. Namun tahukah kamu, sejak kapan nasi mulai menjadi makanan pokok banyak orang?

Atau negara manakah yang pertama kali menanam beras? Dilansir dari Quatr, diperkirakan negara yang pertama kali menanam beras adalah Thailand, sekitar 4000 tahun sebelum Masehi.

Dari sana beras kemudian mulai menyebar ke wilayah China selatan dan India. Beras tertua di India ditemukan pada tahun 2500 sebelum masehi di wilayah Harrapa dan sawah tertua di China diduga berasal dari tahun 3000 sebelum masehi.

Perkembangan Sistem Sawah

Jauh maju kedepan, tepatnya pada tahun 300 sebelum masehi, nasi mulai dikenal di wilayah Asia barat dan Yunani melalui invasi Alexander.

Di masa kerajaan Romawi, padi mulai menyebar di wilayah sekitar laut Mediterania seperti Eropa selatan dan Afrika utara. Hanya saja pada waktu itu beras tidak ditanam di sawah yang seperti dikenal saat ini.

Sistem sawah yang dikenal saat ini pertama kali dikembangkan di China. Cara ini membuat air menjadi awet untuk waktu yang lebih lama dan menghilangkan tumbuhan-tumbuhan gulma.

Tidak diketahui tahun yang pasti mulai digunakannya cara ini. Tetapi cara ini mampu menyebar ke seluruh dunia dan banyak digunakan saat ini.

Kenapa nasi lebih menjadi makanan pokok orang Asia sedangkan Eropa dan Amerika tidak?

Pada abad pertengahan, cara menanam padi dengan menggunakan banyak air seperti yang dikembangkan di China itu diduga sebagai penyebab utama berkembangnya malaria di seluruh Eropa.

Sekitar tahun 1700-an, orang-orang Eropa banyak yang pindah ke Amerika Utara. Mereka juga menerapkan cara bertanam seperti itu yang menyebabkan malaria juga menyebar di wilayah Amerika.

Sejak kejadian itulah orang di Eropa dan Amerika utara mulai meninggalkan beras dan mencari sumber karbohidrat lain seperti roti dan jagung.

Sebaliknya di wilayah Asia terutama Asia timur dan Asia tenggara, beras masih menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat utama hingga saat ini.

Sejarah Nasi di Indonesia

Di Indonesia sendiri, menurut buku Indonesia: Peoples and Histories karya Jean Gelman Taylor, padi sudah ditanam sejak 3000 tahun sebelum masehi. Bukti penanaman padi ini ditemukan di Pulau Sulawesi.

Selama ribuan tahun, beras pun menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, saking pentingnya, penghormatan diberikan pada Dewi Sri, dewi padi yang dipercayai oleh orang Jawa Kuno dan Bali.[]sumber:sariagri.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.