05 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Setiap Ahad
Menyeruput Bandrek Usai Shalat Asar di Masjid Jamik Lhokseumawe

...

  • PORTALSATU
  • 29 December 2019 18:20 WIB

Foto-foto: portalsatu.com
Foto-foto: portalsatu.com

“Sedikit pengumuman: Bagi jamaah Masjid Jamik yang ingin menikmati bandrek, kami silakah menempati tempat yang sudah disediakan. Dan bagi jamaah yang ingin menyumbang (uang pembelian bandrek) untuk selanjutnya, kami silakan,” kata seorang pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jamik, Lhokseumawe, melalui pengeras suara, usai shalat Ashar berjamaah, Ahad, 29 Desember 2019.

Para jamaah kemudian duduk di lantai teras Masjid Jamik untuk minum bandrek dan makan gorengan yang sudah disediakan. “Mantap that,” ucap Basri, salah seorang jamaah usai menyeruput bandrek.  

Sambil menikmati bandrek dan gorengan, sebagian jamaah mengeluarkan uang dari kantong atau dompetnya sebagai sumbangan untuk pembelian makanan dan minuman ringan tersebut.

“Ini dari jamaah untuk jamaah, tidak menggunakan dana masjid. (Bandrek dan gorengan disediakan) setiap hari Minggu usai shalat Asar. Ini sudah berjalan sejak awal Desember (2019), dan mudah-mudahan akan terus berlanjut ke depan,” ujar Ketua Badan Kemakmuran Masjid Jamik Lhokseumawe, Muslim AR., ditemui di masjid itu.

Muslim menjelaskan, pihaknya memfasilitasi kenduri bandrek dan gorengan untuk jamaah shalat Ashar—khusus hari Ahad—karena terinspirasi dari pengurus masjid di Lhoksukon, Aceh Utara.

“Suatu kali, BKM Masjid Jamik bertakziah ke Lhok Nibong (Aceh Timur), di mana salah seorang pengurus (BKM) orang tuanya meninggal dunia. Saat kita ke sana, bus kita mogok di Lhoksukon. Kita lihat di Lhoksukon, selesai shalat Ashar mereka memberikan bandrek buat jamaah. Inspirasi dari situlah kemudian kita bicarakan sambil melanjutkan perjalanan. Kebetulan saat itu ada hamba Allah yang menyatakan, tiga minggu pertama ia bersedia memberikan (sumbangan pembelian) bandrek dan gorengan. Alhamdulillah sampai saat ini terus berjalan, dari jamaah untuk jamaah,” tutur Muslim.

Sambil menikmati kuliner bandrek dan gorengan usai shalat Ashar, Ahad sore tadi, jamaah Masjid Jamik Lhokseumawe berkesempatan mendengarkan sosialisasi bahaya narkoba dan bagaimana proses rehabilitasi terhadap pemakai narkoba, yang disampaikan Kepala Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNPP) Aceh, Sayuti, M.Kes.

“Baru kali ini saya melihat jamaah masjid minum bandrek bersama usai shalat Ashar. Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi masjid-masjid lainnya,” ujar Sayuti sebelum masuk ke materi sosialisasi tentang rehabilitasi narkoba.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.