25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Mitos Tersembunyi di Balik Burung Hantu

...

  • VIVA
  • 19 September 2017 17:00 WIB

Burung hantu. @U-Report
Burung hantu. @U-Report

BERBICARA mengenai burung hantu pastinya banyak orang yang mengaitkan burung yang satu ini dengan hal-hal yang negatif yang berhubungan dengan mitos. Banyak sekali masyarakat dunia ini berpendapat bahwa burung hantu erat kaitannya dengan kematian. Mendengar namanya saja sudah bisa dirasakan aura makhluk astral. Salah satu negara seperti Indonesia juga mempercayai tentang mitos pada hewan terbang yang satu ini. Seperti masyarakat jawa yang selalu mengaitkan burung ini dengan berbagai macam hal seperti munculnya sosok astral apabila ada burung hantu. Bahkan tidak hanya di pulau Jawa, salah satu daerah seperti di Bali juga mempercayai tentang keberadaan burung yang satu ini. Untuk info lebih lanjut kita simak pembahasan berikut ini.

Lambang kematian

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, orang jawa meyakini bahwa mitos dari burung hantu ini sangat berkaitan erat dengan makhluk astral. Salah satu kepercayaan yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat jawa yaitu sebagai lambang kematian. Mitos burung hantu yang satu ini konon merupakan burung pemanggil roh. Jadi bila ada burung Hantu di sekitar rumah, berarti ada orang yang akan meninggal di rumah tersebut beberapa hari kedepan. Bahkan ada mitos yang lebih ekstrim. apabila kita menirukan suara burung Hantu tetapi si burung tidak menjawab maka hal tersebut berarti bahwa kita akan mati dalam beberapa hari kedepan.

Walaupun memang banyak juga yang tidak mempercayai adanya mitos yang satu ini namun hal ini juga banyak dibuktikan dari beberapa gambar yang memang digambar oleh suku maya dari peninggalannya. Peninggalan tersebut memperlihatkan memang tidak semua mitos dari burung hantu merupakan lambang dari sesuatu yang negatif. Tetapi burung yang satu ini juga merupakan salah satu lambang dari kebijaksanaan yang sangat besar. Kekuasaan dari burung malam ini memang menjadi salah satu burung yang berkuasa pada beberapa wilayah. Selain itu juga banyak kelebihan yang bisa dilihat dari burung ini yang juga bisa diambil sisi positifnya.

Mitos burung hantu di luar negeri

Selain di Indonesia, banyak juga masyarakat di seluruh dunia yang juga memiliki cerita mitos dari burung hantu. Berikut ulasannya.

?     Di India, suara burung hantu bisa jadi salah satu pertanda akan datangnya kematian.

?     Sementara itu di Yunani lain lagi, apabila ada burung hantu yang terbang mengitari pasukan yang tengah berperang, maka itu pertanda bahwa pasukan tersebut akan menang di medan perang. Tidak hanya itu saja, burung hantu yang terbang di atas barisan pasukan juga dianggap pelindung serdadu sekaligus pertanda kemenangan

?     Di Indian, burung hantu sebagai penolong dan melambangkan kebijaksanaan dan juga kematian.

?     Di negara Roma, burung hantu yang hinggap di sekitar rumah melambangkan kematian. kematian Julius Caesar, Augustus, Commodus Aurelius, dan Agrippa merupakan beberapa contoh kematian yang diawali hinggapnya burung hantu.

?     Di Roma, burung hantu dianggap sebagai jelmaan tukang sihir yang minum darah bayi

?     Di Inggris burung hantu justru dianggap membawa keberuntungan.

Itulah beberapa kepercayaan masyarakat tentang burung hantu. Berbagai cerita tersebar karena memang ada beberapa bukti yang mengarah pada hal tersebut. Namun yang pasti suatu mitos bisa dipercaya ataupun juga tidak. Burung hantu tetaplah burung yang memang diciptakan untuk suatu alasan tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan salah satu referensi untuk menambah wawasan Anda.[]Sumber:viva/tanahnusantara.com

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.