26 August 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Viral Penampakan Burung Ababil di Palestina, Benarkah?

...

  • OKEZONE
  • 11 August 2019 11:00 WIB

Penampakan burung ababil masih dipertanyakan (Foto : @video_hitss/Instagram)
Penampakan burung ababil masih dipertanyakan (Foto : @video_hitss/Instagram)

Terdapat sebuah video dari akun instagram @video_hitss yang memposting seorang pria tengah berada di Gaza, Palestina sedang menunjukan Burung Ababil. Dalam postingan tersebut diperlihatkan, seekor burung yang diklaim sebagai Ababil.

Burung Ababil merupakan burung paling bersejarah dalam sejarah peradaban Islam. Seperti diketahui, Ababil merupakan seekor binatang bersayap, dikirimkan Allah untuk menghambat pergerakan serangan pasukan Raja Abrahah yang ingin menghancurkan Kakbah, pada masa itu.

Sebagai mana kita tahu, bahwa burung tersebut sukses menghentikan aksi Pasukan Gajah yang dibawa oleh Abraha. Mereka (Ababil) melemparkan sejumlah batu yang berasal dari Neraka.

"Tugas burung ababil melontarkan krikil panas dari api neraka. Tentara Abrahah hancur lebur," ujar Ustaz Fauzan Amin saat dihubungi, 10 Agustus 2019.

"Terkait video, saya kurang sependapat kalau di Palestina sudah turun Ababil. Belum ada ayat atau hadis terkait (menjelaskan) video tersebut," ujar Ustaz Fauzan.

Penjelasan tentang Burung Ababil dituliskan dalam surah Al Fill, ayat 1-5 yang artinya:

"Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." (QS. Al Fiil: 1-5).

Surah Al Fill merupakan surat ke-105 dalam Alquran dan terdiri atas lima ayat. Surat ini tergolong pada surah Makkiyah.

Nama Al Fiil sendiri berarti Gajah, diambil dari ayat pertama dari surat ini. Maksud dari surat ini yaitu kisah gagalnya usaha penghancuran Kakbah oleh Abrahah (Raja Yaman) dan 60 ribu bala tentaranya.

Di dalam tentara tersebut termasuk di antaranya 13 gajah. Tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai Tahun Gajah.

Penulis: Novie Fauziah.[] Sumberokezone.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.