18 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hingga Oktober, Realisasi Dana Desa Mencapai 86 Persen

...

  • PORTALSATU
  • 19 October 2016 10:07 WIB

BANDA ACEH – Hingga 7 Oktober 2016, realisasi pencarian Dana Desa Tahun Anggaran 2016 telah mencapai 86 persen. Persentase ini setara dengan Rp 2,1 triliun dari total alokasi Rp 3,8 triliun. Sementara penggunaannya mencapai 54,32 persen atau senilai Rp 1,1 triliun.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh sekaligus Kepala Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat  Desa (P3MD) Ramli Daud, yang diwakili oleh  Pejabat Penandatanganan SPM BPM Aceh Anzumar, di acara Penyerahan Surat Perintah Tugas Tenaga Ahli P3MD di Provinsi Aceh, Selasa, 18 Oktober 2016.

“Kondisi ini perlu upaya lebih serius lagi agar Dana Desa dapat terealisasi sesuai yang diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat gampong, serta dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana ketentuan yang berlaku,” kata Anzumar di hadapan puluhan Tenaga Pendamping Masyarakat Desa.

Ia mengingatkan, dalam melakukan pendampingan para Pendamping Profesional Desa P3MD agar terus meningkatkan koordinasi terutama dengan pemerintah kabupaten/kota dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Bangun team work yang solid dan bekerjalah dengan penuh keikhlasan,” ujarnya.

Para TAPM juga diminta agar lebih kreatif dan punya kemampuan untuk membaca kondisi politik, sosial, ekonomi dan budaya di lokasi kerja. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau persoalan di lapangan disarakan segera ditangani dengan mengedepankan penyelesaian terlebih dahulu secara non litigasi.

“Pengetahuan yang diperoleh pada pelatihan Pra Tugas di Medan hendaknya dapat diaktualisasikan pada pendampingan kegiatan Dana Desa melalui P3MD sesuai lokasi tugas saudara masing-masing.”[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.