10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Klinik Cempaka Lima Layanan Terpadu untuk Kesehatan Anda

...

  • PORTALSATU
  • 12 January 2017 14:45 WIB

Masyarakat di Kota Banda Aceh khususnya dan Aceh secara umum tidak perlu khawatir untuk penanganan masalah kesehatan anda, Klinik Cempaka Lima siap memberikan pelayanan terpadu kepada seluruh pasien yang akan berobat ke klinik yang beralamat di Jalan T Nyak Airef No.78 A, Banda Aceh.

Klinik Spesialis Cempaka Lima yang pimpin Hj. Kartini N.I  memiliki dokter umum dan spesialis terbaik pada bidang penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat di Banda Aceh.

Para dokter umum dan dokter spesialis yang praktek di Klinik Cempaka Lima siap memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien yang datang baik untuk konsultasi dan juga penanganan medis terhadap keluhan yang diderita pasien sesuai dengan hasil diagnostik yang dilakukan melalui sarana penunjang medis yang dimiliki klinik tersebut.

Ada pun peralatan medis yang dimiliki meliputi pemeriksaan darah/urine di laboratorium Klinik Cempaka Lima yang ditangani langsung oleh dokter spesialis pathologi klinik dan hasil pemeriksaan akan diketahui secara cepat terhadap jenis penyakit yang dikeluhkan oleh pasien. Dokter yang menangani pasien tersebut juga akan dapat lebih tepat dalam pemberian terapi, termasuk dengan pemeriksaan EKG (jantung) dan USG.

Klinik Spesialis Cempaka Lima juga mengikuti sistem pengobatan dokter rujukan yakni dari rawat jalan tingkat pertama  (dokter umum) dan apabila pasien membutuhkan rawat jalan tingkat lanjut akan ditangani oleh dokter spesialis, kecuali pemeriksaan gigi dan mulut. Sistem pengobatanrujukan tersebut berlaku untuk lembaga pemerintah atau swasta yang bekerja sama dengan Klinik Spesialis Cempaka Lima.

Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien, Klinik Spesialis Cempaka lima buka  setiap hari selama 16 belas jam dan untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien pihaknya juga memiliki layanan Instalasi Gawat Darurat & Rawat inap di Rumah Sakit Cempaka Az-Zahra dengan layanan 24 jam yang terletak Jalan Pocut Baren No36-38-40 Kampung Laksana Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh.

Tak hanya di pelayanan 24 jam, pihak manajemen Klinik Spesialis Cempaka Lima juga menyediakan counter optik pengambilan resep kaca mata yang bersebelahan langsung dengan ruang prakter dokter spesialis mata bagi pasien yang mengalami gangguan penglihatan.

Yang tak kalah menarik dari program kesehatan yang ditawarkan oleh Klinik Spesialis Cempaka Lima kepada badan pemerintahan dan swasata yang bekerja sama dengan lembaga tersebut yakni program dokter keluarga, di mana dokter akan memberikan pelayanan seperti pemeriksaan ke rumah sehingga pasien tidak perlu lagi ke klinik. Pelayanan kesehatan berbentuk dokter keluarga  mengacu pada pelayanan “dokter datang ketempat”. Program tersebut salah satu upaya penyelesaian permasalahan kesehatan keluarga yang mengalami kendala waktu dan hal lainnya, sehingga tidak bisa ke klinik. Klinik Spesialis Cempaka Lima bersama Rumah Sakit Umum Cempaka Az-Zahra (RSUCA)  melalui program Dokter Keluarga (Home Care) akan memberikan pelayanan kesehatan terbaik  bagi keluarga anda.

Tentu setelah pemeriksaaan kesehatan selesai, para pasien akan mengambil obat sesuai resep yang telah ditulis oleh dokter dan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasiennya, pihak manajemen telah menyiapkan 4 (Empat) counter Pelayanan Pendaftaran yang dibedakan berdasarkan status pasien, serta 4 (Empat) counter penerimaan resep dokter yang terletak pada satu tempat guna memudahkan pasien saat membutuhkan obat agar dapat lebih cepat terlayani oleh petugas apotik dan tidak harus mengantri terlalu lama. Resep dapat langsung diambil pada counter yang terdekat dari dokter yang telah di tuju. Bila  pasien merasa ingin lebih jelas tentang fungsi dan aturan minum obat dapat dikonsultasi kembali ke dokter. Dengan pelayanan yang terpadu dalam satu atap dapat lebih cepat, tepat dan terjangkau.

Terkait pembiayaan pelayanan/pengobatan bagi pasien instansi  yang telah bekerjasama dengan Klinik Spesialis Cempaka Lima, nantinya akan ditagih ke instansi atau perusahaan peserta/pasien yang bersangkutan bekerja melalui  bendahara kantor ataupun bagian yang mengurus masalah kesehatan  karyawan. Penagihan  tersebut dilakukan secara kumulatif setiap akhir atau awal bulan berjalan sesuai dengan kesepakatan  dan  pembayaran dari instansi atau perusahaan  paling lambat  sebelum masuk tagihan bulan  berikutnya. Tarif atau biaya pelayanan  kesehatan  sesuai dengan  lampiran.

Klinik Spesialis Cempaka Lima Group membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada semua instansi pemerintahan dan juga BUMN dan perusahaan swasta di bidang pelayanan kesehatan sebab kesehatan karyawan dan keluarga karyawan merupakan modal utama dalam mencapai target yang telah ditetapkan oleh persusahaan setiap tahunnya.

Berbagai layanan terpadu dan kemudahan yang ditawarkan tersebut merupakan buah dari jejak yang telah dirintis pada 13 Maret 1991 Yayasan Cempaka Lima. Pada awal Maret itulah Klinik Spesialis Cempaka Lima yang saat itu berbentuk Yayasan memulai aktivitasnya dalam melayani keluhan masyarakat.

Dalam awal perjalanannya sebagai sebuah klinik pelayanan kesehatan yang paling dikenal saat ini di Aceh, pernah dirundung masalah yakni pada saat krisis moneter melanda Tanah Air pada 1998. Klinik Spesialis Cempaka Lima yang saat itu berbentuk yayasan dengan salah satu pengurus Hj.Kartini N.I ikut berdampak terhadap keseimbangan cash flow yayasan dan tidak mampu menopang beban usaha.

Kondisi tersebut kian diperparah dengan jaminan keamanan yang kurang stabil di Provinsi Aceh, sehingga jumlah kunjungan pasien dari berbagai  daerah  setiap hari  semakin berkurang. Kondisi tersebut juga membuat kepengurusan yayasan dibubarkan.

Berbekal tekad dan semangat yang tidak pernah pudar, seorang pengurus dengan menggunakan modal sendiri terus berusaha untuk mengerakkan klinik layanan kesehatan dokter ahli tersebut guna mengembalikan kepercayaan kepada seluruh masyarakat untuk datang ke layanan terpadu tersebut.

Tepatnya pada tanggal 20 maret 2002 usaha tersebut berganti menjadi kepemilikan perseorangan  atas nama Hj. Kartini N.I  dengan nama usaha “Klinik Spesialis Cempaka Lima”  sesuai yang tertera dalam Akte Notaris Siti Maryam Lubis.SH,SpN  No. 17.

Cobaan kembali menerpa Klinik Cempaka lima tepatnya pada 26 Desember 2004 Gempa disusul Tsunami yang meluluhlantakkan Aceh juga ikut berdampak terhadap tempat usaha tersebut, di mana obat-obatan, inventaris kantor, gedung dan alat kesehatan (laboratorium), rusak terkena air bah tersebut.

Manajeman Klinik Cempaka Lima tersebut tetap berkomitmen untuk menjalankan usaha tersebut meski dengan segala keterbatasan modal usaha ,minimnya tenaga medis  dan obat-obatan pasca bencana alam. Dalam segala keterbatasan tersebut, pada akhir Januari 2005 Klinik Spesialis Cempaka Lima bersama dengan beberapa dokter juga ikut andil bagian dalam memberikan pelayanan pengobatan secara cuma-cuma bagi para korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Aceh. Pemberian pelayanan pengobatan ini merupakan fungsi sosial Klinik Spesialis Cempaka Lima dalam upaya mengurangi beban masyarakat yang tertimpa musibah.

Seiring perjalanan waktu dan perkembangan teknologi, Klinik Spesialis Cempaka terus berbenah dan meningkatkan berbagai sarana penunjang guna memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien yang datang untuk menggunakan jasa klinik tersebut. Pemenuhan berbagai sarana penunjang tersebut juga bagian dari peluang yang diberikan Pemerintah kepada swasta untuk ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam menanggulangi berbagai masalah dalam dunia kesehatan.

Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa kami, sebab kami siap memberikan layanan terbaik, kepuasaan anda adalah kebanggaan kami.

Ada pun dokter spesilias yang praktik di klinik tersebut adalah kut kami lampirkan dafta dokter spesialis, umum dan gigi yang praktek pada Klinik Spesialis Cempaka Lima masing-masing:

KLINIK SPESIALIS CEMPAKA LIMA BANDA ACEH

NO.

NAMA DOKTER

SPESIALIS

SPESIALIS

1

dr. RUSDI ANDID, SP. A

ANAK

2

dr. DARNIFAYANTI, M.Ked. Ped, Sp.A

ANAK

3

dr. YOPIE AFRIANDI HABIBIE.SP.BTKV

BEDAH TORAK, KADIAK& VASKULAR

4

dr. DIAN ADI SAPUTRA, SP.BA

BEDAH ANAK

5

dr. AZHARUDDIN, SP. BO

BEDAH ORTHOPEDI

6

dr. H.T. FARIZAL FADIL, SP.B

BEDAH 

7

dr. H. RUSMUNANDAR, SP.J

JANTUNG

8

dr. MALAWATI, SP.KJ

KEJIWAAN

9

dr. H.A. GARLI, SP. KK

KULIT & KELAMIN

10

dr. SITI HAJAR, SP.KK

KULIT & KELAMIN

11

dr. HJ. FIRDALENA MEUTIA, SP.M

MATA

12

dr. CUT MEURAH YENI, SP. OG

OBGYN

13

dr. TAUFIK WAHYUDI, SP.OG

OBGYN

14

dr. NOER FAISAL DARMI, SP.B(k). Onk

ONKOLOGI

15

dr. SUBHAN, SP.OT

ORTHOPEDI

16

dr. DEWI BEHTRI. SP.P

PARU

17

dr. H.T. MOEAD Z. SP. P

PARU 

18

dr. SYAMSU UMAR, SP.PD

PENYAKIT DALAM

19

dr. MUZAKIR, SP.PD

PENYAKIT DALAM

20

dr. AZHARI GANI, SP. PD. KKV.FCC

PENY. DALAM, KONSULTAN VASKULAR & JANTUNG

21

NURAFNI, S.Psi. M.Psi

PSIKIATER

22

dr. N. HERI TAUFIK, SP.RM

REHAB MEDIK

23

DR. dr. SYAHRUL, SP, S

SARAF

24

dr. BENNY KURNIA, SP.THT

THT

25

dr. IQBAL. SP.THT

THT

26

dr. DAHRIL, SP.U

UROLOGI

27

drg. RIDWAN LIDAN, Sp. Pros

GIGI& MULUT

     

UMUM

1

dr. ARIFDIAN

UMUM 

2

dr. IVA MEUTIA FHONNA

UMUM

3

dr. KHATAB

UMUM

4

dr. RIKI ADRIAN

UMUM

 

GIGI & MULUT

1

drg. Diana Setya Ningsih, M.Si

Gigi & Mulut

2

drg. Anita Maisuri

Gigi & Mulut

3

Drg. Syawal Setiawan

Gigi & Mulut

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.