25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Nova: Penguatan Koperasi Program Khusus Dalam Visi Misi Aceh Hebat

...

  • PORTALSATU
  • 13 September 2017 17:40 WIB

BIREUEN -- Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, Pemerintah Aceh mendesain program khusus untuk penguatan koprasi di daerah. Dalam visi misi Aceh Hebat, revitalisasi koperasi ini terkonsep dalam program Aceh Kreatif dan Aceh kaya.

Hal itu disampaikan Nova saat membuka pameran dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-70 Provinsi Aceh di Kompleks Terminal Terpadu Geulumpang Payong, Bireuen, Senin, 11 September 2017.

Program Aceh Kreatif katanya terfokus pada upaya mendorong tumbuhnya ekonomi rakyat yang sesuai dengan sumber daya di daerah. Sedangkan Program Aceh Kaya lebih kepada penekanan pada upaya wira usaha yang dibina langsung oleh lembaga terkait, dengan menggaet sektor swasta.

“Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemakop) juga kita galakkan di tengah masyarakat Aceh, dengan berbagai kebijakan di antaranya penguatan modal usaha (KUR, dana bergulir ) dan memperbanyak pelatihan-pelatihan kewirausahaan yang diakses langsung oleh masyarakat Aceh,” ujarnya.

Sebelumnya, Teguh Budiana, Staff Khusus Menteri Koperasi dan UKM yang juga hadir pada kegiatan itu mengapresiasi Pemerintah Aceh khususnya Pemkab Bireuen, terkait perkembangan koperasi yang signifikan di daerah Serambi Mekah.

“Dengan semangat reformasi koperasi, citra koperasi serta pembenahan dalam tubuh koperasi itu sendiri dan bukan didasari kuantitas tapi kulitas koperasi harus bermanfaat bagi anggotanya,” kata Teguh.

Selanjutnya,Wakil Bupati Bireuen H. Muzakkar A. Gani dalam arahannya menyampaikan, momentum ini hendaknya menjadi gelora semangat bagi koperasi di seluruh wilayah Bireuen. Ia turut mempromosikan sejumlah produk kerajinan dan kuliner khas Bireuen.

Dalam event ini turut diberikan penghargaan kepada koperasi terbaik di Aceh.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.