13 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Menulis Seperti Air Mengalir

...

  • portalsatu.com
  • 05 June 2020 18:00 WIB

Oleh Taufik Sentana*

Terus menulis adalah cara terbaik agar dapat menghasilkan tulisan bermutu dan mengubah banyak orang. Begitu ungkap Tere Liye pada beberapa waktu lalu saat diminta bercerita tentang proses kreatifnya.

Menurutnya banyak yang dapat  menghasilkan tulisan bagus dan bermanfaat, tapi sedikit yang melakukannnya terus menerus. Jadi, terus menulis adalah kunci praktisnya, disamping mengembangkan wawasan, perspektif dan pengalaman. 

Mungkin, menurut penulis,  kelemahan untuk terus menulis ini juga yang menyebabkan kenapa Kampus di Indonesia hanya sampai pada level 600-800 dalam jajaran kampus terbaik dunia, jauh di bawah Oxpord dan kampus di China. Padahal di negara kita, sudah tentu banyak hasil penelitian  terbaik dalam skala bidang yang beragam, disamping perlu dukungan serius dari pemerintah dan pihak swasta.

Jadi mari kita resapi kembali ungkapan terus menulis tadi. Menjadikannya tradisi utama di keluarga, sekolah dan lembaga pemerintah/swasta dengan ragam model dan cara. Sebab hanya dengan menulis warisan nilai bisa kita tinggalkan dengan rapi dan tanpa distorsi. 

Menurut pengalaman penulis, kita bisa menulis seperti air mengalir. Walau tak berarti menjadi tulisan sempurna. Tapi kita mengikuti tabiat air, yaitu mengalir. Kita mengalirkan ide, pandangan, pengalaman dan persepsi kita dalam bentuk tulisan. Kita bisa mengatur waktunya dan momennya, atau merutinkannya setiap hari dengan tujuan , materi dan teknik yang cocok buat kita. Kita bisa memulai dari yang mudah dan yang paling kita minati atau kuasai.

Kita perlu mengalirkan ide kita tadi sedapat mungkin dan sesering mungkin. Sedikit atau banyak, yang penting ia mengalir terlebih dahulu. Bahkan , salah-benar konsep dan gramatikalnya bisa kita akhirkan: Teruslah menulis, dan alirkan ide dan harapan harapan Anda. Biarkan tulisan Anda mengalir dan menemukan sejarahnya sendiri![]

*Banyak menulis puisi, telaah dan esai.
Mengelola Kelas Menulis Kreatif.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.