18 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


11 Nopember, Museum Lhokseumawe Gelar Bincang Budaya

...

  • portalsatu.com
  • 07 November 2019 20:00 WIB

Lhokseumawe - Museum Kota Lhokseumawe akan mengadakan bincang budaya seputar keberagaman sosial bertajuk Agen Internasional Aceh: Turki, Arab, dan Keling di Aceh.

Museum Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan relawan Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT), Nia Deliana yang tengah menyelesaikan program doktornya di Universitas Islam Antarbangsa Malaysia sebagai narasumber.

Acara tersebut akan dilaksanakan secara terbuka pada Senin 11 November pukul 9.30 pagi hingga selesai di Museum Kota jalan Teuku Hamzah Bendahara, Kuta Blang, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

"Kami dari Dinas pendidikan dan kebudayaan sangat mendukung adanya kegiatan-kegiatan seperti diskusi budaya ini. Dan akan berupaya menciptakan kerja sama dengan semua pelaku budaya baik dari LSM, universitas, sekolah, maupun masyarakat Aceh umumnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan terselenggaranya diskusi budaya ini, khususnya bagi tim relawan PuKAT. Mari kita tingkatkan pengetahuan tentang sejarah Aceh, khususnya sejarah kota Lhokseumawe," kata Rasyidin, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe, Kamis, 7 Nopember 2019.

Sementara Nia Deliana mengatakan, diskusi tersebut seputar keberagaman aktor sejarah di Aceh telah lama terabaikan karena konflik.

"Adalah baik, ketika narasi narasi ke-Aku-an ke Acehan yang dikonstruksi dalam satu kotak kesukuan mendominasi, ingatan ingatan sejarah mengenai orang Turki, Arab dan Keling yang mencair menjadi pribumi diangkat lagi. Semoga menjadi refleksi untuk menjadi masyarakat berpikiran terbuka dan merangkul setiap perbedaan," kata Nia Deliana, Relawan PuKAT.[] Rilis

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.