06 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anak Zaman yang Kesepian

...

  • portalsatu.com
  • 15 July 2020 09:00 WIB

___"Dunia akan selalu menjadi panggung bagi anak anak zaman yang kesepian. Entah itu selaras dengan tujuan abadinya atau kesepian itu hanya duri semata."___


Oleh: Taufik Sentana*


Kata Gibran, kita adalah anak anak zaman dan kehidupan. Kita mungkin terlahir bahagia, memproses mimpi, gairah dan pegorbanan. Atau seluruh hidup kita adalah penderitaan dan pengorbanan. Atau hidup kita hanyalah pengabdian dan pemainan. Kesemuanya bernilai sama, dan kesemuanya adalah Cara Tuhan menampakkan realitas.

Banyak manusia mengira, bahwa kehidupan akan hilang begitu saja dan hanya waktu yang membuat kita binasa. Namun kehidupan menyimpan dinding rahasia di baliknya, rahasia kembali dan dan menjadi abadi melampaui realitas yang tampak ini.

Maka anak anak zaman yang kesepian akan selalu memintal sepinya dari waktu ke waktu. Menyangka dirinya hanya seonggok benda dan materi. Padahal kesepian dan pencariannya adalah relung tanya hakikat yang menuntut jawab. Jawaban bagi bahagia dan sengsaranya. Jawaban bagi suka dan dukanya. Dan juga jawaban bagi apa yang telah ia abaikan dari hidup ini.

Dunia akan selalu menjadi panggung bagi anak anak zaman yang kesepian. Entah itu selaras dengan tujuan abadinya atau kesepian itu hanya duri semata.

Kehidupan telah menjadi hamparan hidangan dari sisiNya, Pun Ia telah memberikan seluruh tamsil tentang watak manusia, gejala dam peristiwa, sejak Adam, Nuh, Ibrahim (AS) dan sampai ke kita. Lalu kita menempuh jalan dari yang kita yakini guna menebus semua sepi sepi.[]


*Peminat sastra sufistik.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.