20 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Andai Setiap Tarikan Nafas Menjadi Mi'raj

...

  • portalsatu.com
  • 17 February 2019 22:00 WIB

Janganlah Engkau Lalai


Sebab disini kita hanya sesaat, hanya beberapa menit saja dalam hitungan malakut. Dari hitungan cahaya yang jaraknya seribu hingga lima puluh  ribu tahun.

Sabda Rasul Mulia, hidup kita yang tampak ini
seumpa mimpi, ilusi dan ketidaksadaran. Mata ini akan sempurna menatap saat maut membuka tabir gaib, hingga semua menjadi jelas dan nyata (wa basharukal yauma hadida).

Zikir, istighfar dan thuma'ninah menjadi obat lalai yang terbaik.Menjadi jembatan cahaya yang melipatgandakan waktu kita yang sempit.

Bayangkan, dua rakaat awwabin selepas maghrib serupa nilainya dengan ibadah dua belas tahun. Berdiam sunyi selepas subuh berjamaah hingga shalat isyraq seperti pahala umrah dan haji dengan sempurna. Sebaris ayat quran yang dibaca menjadi ratusan kali kebaikan dalam sekejap saja. Atau seutas niat tulus untuk kebaikan niscaya tampak di mizan kelak.

Mari sadari bahwa kelalaian kita adalah saat kita keluar dari titik orbit fitrawi kita yang tunduk-suci, lalu  terkesima dan meronta dalam silau hiasan dunia, entah itu harta, anak, jabatan dan kesenangan lainnya.

Andai setiap taikan nafas menjadi mi'raj yang menghubungkan jiwa pada asalnya semula, niscaya Ia akan Menarik kita ke puncak mulia.[]


Taufik Sentana
Peminat kajian sufistik, sedang menyusun buku puisi "Password Kebahagiaan".

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.