25 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bagaimana Menulis Kerja Sama?

...

  • SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN
  • 26 October 2015 16:20 WIB

Ilustrasi: jabar.tribunnews.com
Ilustrasi: jabar.tribunnews.com

Lantas, bagaimana penulisan kata kerja sama yang benar, ditulis gabung atau terpisah? Untuk menjawab ini, Ejaan yang Disempurnakan telah menyebutkan aturannya.

Kerja sama termasuk salah satu contoh gabungan kata dalam bahasa Indonesia. Ejaan telah mengatur penulisan gabungan kata ini. Dilihat dari segi penulisannya, gabungan kata ada yang ditulis serangkai dan terpisah. Dalam praktiknya, ada gabungan kata yang seharusnya ditulis terpisah, tetapi digabung penulisannya, begitu gabungan kata yang seharusnya ditulis serangkai, tetapi terpisah.

Lantas, bagaimana penulisan kata kerja sama yang benar, ditulis gabung atau terpisah? Untuk menjawab ini, Ejaan yang Disempurnakan telah menyebutkan aturannya. Selengkapnya ejaan menyebutkan bahwa gabungan kata yang lazim disebut kata majemuk, termasuk istilah khusus, unsur-unsurnya ditulis terpisah. Kata majemuk berarti gabungan dua buah morfem dasar atau lebih yang mengandung satu pengertian baru. Kata majemuk tidak menonjolkan arti tiap kata, tetapi gabungan kata itu secara bersama-sama membentuk suatu makna atau arti baru.

Lebih lanjut, ejaan mencontohkan bahwa kata-kata berikut merupakan kata majemuk dan ditulis terpisah: duta besar, kambing hitam, kereta api cepat luar biasa, mata pelajaran, meja tulis, model linier, orang tua, persegi panjang, rumah sakit umum, simpang empat. Gabungan kata itu ditulis terpisah karena masing-masing kata pada tiap gabungan kata tersebut memiliki makna dan dapat berdiri sendiri dalam sebuah kalimat. Maksudnya, kereta api adalah dua kata yang dapat digunakan dalam kalimat tanpa menuntut harus hadirnya kedua kata itu secara bersamaan. Jadi, kata kereta dapat digunakan dalam kalimat atau frase, misalnya kereta hantu Manggarai, jadwal kereta, kereta malam. Begitu pula dengan api yang dapat digunakan dalam kalimat atau frase, seperti senjata api, kembang api, dan api cemburu.

Lalu, bagaimana dengan kerja sama? Bentuk ini juga termasuk kata majemuk karena secara bersama-sama membentuk suatu makna atau arti baru. Kerja sama harus ditulis terpisah karena gabungan kata tersebut memiliki arti dan masing-masingnya dapat digunakan dalam kalimat, misalnya lowongan kerja, lamaran kerja, baju kerja, bursa kerja. Demikian pula kata sama pada bentuk seperti cinta yang sama atau derajat yang sama.

Lalu, adakah gabungan kata yang ditulis serangkai? Jawabannya tentu saja ada. EyD menyebutkan bahwa gabungan kata yang ditulis serangkai adalah adakalanya, akhirulkalam, Alhamdulillah, astaghfirullah, bagaimana, barangkali, bilamana, bismillah, beasiswa, belasungkawa, bumiputra, daripada, darmabakti, darmawisata, dukacita, halalbihalal, hulubalang, kacamata, kasatmata, kepada, kilometer, manakala, manasuka, mangkubumi, matahari, olahraga, padahal, paramasastra, peribahasa, puspawarna, radioaktif, saptamarga, saputangan, saripati, sebagaimana, sediakala, segitiga, sekalipun, silaturrahmin, sukacita, sukarela, sukaria, syahbandar, titimangsa, wassalam.[]

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.