23 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Begini Acara Kenduri Maulid di Cot Murong

...

  • Jamaluddin
  • 21 January 2019 19:40 WIB

@Istimewa
@Istimewa

ACEH UTARA - Masyarakat Gampong Cot Murong, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara, Senin, 21 Januari 2019, mengadakan kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara kenduri maulid tahun ini juga mengundang masyarakat dari sembilan gampong dalam Kemukiman Buah. 

Pantauan portalsatu.com, setiap orang yang melintas di jalan Sampoiniet-Lapang, kawasan Meunasah Cot Murong, diberhentikan dan dipersilakan masuk untuk  ikut menyantap kenduri.

Menurut Imum Meunasah Cot Murong, Teungku Syamsuddin (70), kebiasaan menyetop setiap orang yang melintas di jalan depan lokasi acara maulid untuk ikut menikmati kenduri sudah dilakukan sejak turun temurun.

Makanan l disajikan untuk kenduri maulid di meunasah adalah kenduri yang diantar oleh setiap keluarga penduduk gampong tersebut. Makanan-makanan itu berupa nasi putih beserta segala macam lauk pauk, dan pulut ketan yang dibungkus kecil-kecil. Pulut ketan yang dimakan bersama pisang itu akan dibawa pulang oleh setiap tamu. Sementara bu kulah (nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang sudah dilayukan), selain dinikmati bersama di tempat acara sisanya juga diharuskan dibawa pulang masing-masing tamu.

Satu jam sebelum menikmati kenduri para tamu undangan disuguhkan dike molod (zikir maulid) dan dilanjutkan dengan doa bersama dari kelompok zikir rumah pengajian Tartila Gampong Cot Murong, di bawah pimpinan Teungku Fahrulrazi.

Menurut Ketua Panitia Maulid, Jalaluddin, S.Pd.I., dalam rangka acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada malam hari juga akan disemarakkan dengan dakwah islamiyah.

“Kali ini insya Allah kita khusus menghadirkan pendakwah kondang Teungku Ismuhar Al Husni, S.Sos.I., dosen di Lhokseumawe," kata Jalaluddin.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.