18 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cara Harun Keuchik Leumiek Selamatkan Tinggalan Sejarah Aceh

...

  • JAUHARI SAMALANGA
  • 17 November 2017 15:40 WIB

H Harun Keuchik Leumiek. @JAUHARI
H Harun Keuchik Leumiek. @JAUHARI

BANDA ACEH - H Harun Keuchik Leumiek bagi masyarakat Aceh identik dengan perhiasan emas bermotif Aceh, namun bagi ilmuwan dan masyarakat peduli sejarah, Harun Keuchik Leumiek dikenal sebagai kolektor dan penyelamat benda-benda bersejarah di Aceh.

Dan pada usianya ke 75 tahun, Harun Keuchiek Leumik menerbitkan buku Biografhinya yang ditulis sejarawan Nabahay AS yang dibantu beberapa penulis lainnya.

Pada sambutannya di peluncuran buku "Harun Keuchik Leumiek Penyelamat Warisan Budaya", Keuchiek Leumiek mengatakan, buku yang ditulis Nab Bahany As ini bukanlah sebuah keriaan atau kebanggaan yang berlebihan, niatnya untuk mendokumentasikan apa yang pernah dilakukan.

"Selain itu untuk melihat bertapi pentingnya mendokumentasikan nilai sejarah dengan seni yang sangat tinggi. Kalau bukan kita yang memeliharanya siapa lagi yang akan menjaganya?" kata Harun Keuchik Leumiek.

Harun Keuchik Leumiek menjelaskan, sejak tahun 1980-an dirinya sudah memulai mengkoleksi benda-benda bersejarah berjumlah 1400 potong, terbanyak adalah perhiasan seperti emas, perak, dan suasasa ada 350 potong, senjata tajam yang berusia sudah 200 tahun lebih 140 buah, koin pertinggalan kerajaan  Aceh sejak abad 13 sampai 18 ada 1000 lebih yang terbuat dari emas.

"Pada tahun 2013 lalu dari Kampung Pande saya beli lagi ada 300 keping, jadi sekarang ada 1300 biji, ini salah satu cara menyelamatkan budaya," demikian Harun Keuchik Leumiek.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.