26 April 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Cara Menggunakan Lema "Di Mana"

...

  • SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN
  • 30 December 2016 14:45 WIB

Lema di mana sering digunakan sebagai penghubung antara induk kalimat dan anak kalimat (dua klausa tidak sederajat). Misalnya pada kalimat, "Fotosintesis adalah proses di mana CO2 diubah menjadi senyawa organik."

Hal ini mungkin terjadi karena lema ini dianggap sebagai padanan kata where atau which dalam fungsinya sebagai penghubung dalam bahasa Inggris. Penggunaan lema di mana seperti ini harus dihindari, karena tidak sesuai dengan makna dan fungsi lema ini.

Dalam bahasa Indonesia, lema di mana adalah (1) pronomina (kata ganti) penanya tempat atau (2) kata untuk menunjukkan tempat yang tidak tentu. Contoh penggunaan yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Di mana dia tinggal?
  2. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung

Sebagai penggantinya, dapat digunakan kata tempatsebagaiyangdandengan, atau kata lain tergantung pada konteks kalimatnya. Dalam beberapa kasus, di mana bahkan dapat dihilangkan dari kalimat.

Ada beberapa varian lain yang juga sering digunakan untuk memadankan wherewhichwho, atau whom, antara lain "dalam mana", "dengan mana", "hal mana", "dalam pada itu".

Untuk latihan, cobalah tentukan apa yang harus dilakukan terhadap di mana dalam kalimat-kalimat yang tampak wajar dan sering dijumpai di bawah ini. Harap diperhatikan bahwa mungkin diperlukan perubahan struktur kalimat untuk membuat kalimat tetap luwes tanpa menggunakan kata di mana.

  1. Dalam keramaian itu terdapat pergelaran lain di mana kedudukannya sama dengan pergelaran musik.
  2. Ruangan itu terletak di bagian depan rumah di mana ruangan itu dipakai untuk kegiatan keluarga.
  3. Fotosintesis adalah proses di mana CO2 diubah menjadi senyawa organik.
  4. Yang lain berasal dari Argentina di mana pengaruh ilmu tertentu berpijak dengan kokoh.
  5. Automasi meningkatkan produksi dengan cepat sampai pada tahap di mana produksi yang berlebihan menimbulkan masalah serius.
  6. Pada pembatikan wonogiren, kain dicelup dengan warna soga di mana sebelumnya malam yang menutupi gambar pada kain dibuat retak-retak.
  7. Tidakkah kedua-duanya dicetuskan oleh keadaan di mana kendali pikiran tak berfungsi lagi?
  8. Bangsa Indonesia terpaksa menerima bentuk negara Republik Indonesia Serikat di mana Republik Indonesia menjadi salah satu negara bagiannya.

Sumber: beritagar.id

Editor: SAFRIANDI A. ROSMANUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.