21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ira Hadiati, Pengusul Nama Cut Nyak Dhien dan Tgk Chik Ditiro di RS Palestina

...

  • portalsatu.com
  • 07 April 2019 11:30 WIB

Ira Hadiati di Makam Cut Nyak Dhien, Sumedang, Jawa Barat.
Ruangan Teungku Chik Ditiro di RS Gaza
Ruangan Cut Nyak Dhien di RS Gaza

Aktivis kemanusiaan, Ira Hadiati, merupakan tokoh di balik ditabalkannya nama Cut Nyak Dhien dan Tgk Chik Ditiro di RS Indonesia di Gaza, Palestina. Kepada portalsatu.com, Ira Hadiati menceritakan bahwa dirinya mengunjungi Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat pada 11 Februari 2019 bersama teman-temannya dari kantor Perwakilan Pemerintah Aceh di Jakarta.

"Lama sudah saya ingin mengunjungi situs bersejarah ini, sejak saya bersama teman-teman pemerhati sejarah Aceh melakukan penyusunan program muatan lokal sejarah Aceh untuk murid-murid tingkat SD, SMP, SMA dan yang sederajatnya, hanya saja rencana menjadikan sejarah Aceh menjadi muatan lokal tersebut belum dapat diwujudkan," kata Ira, Ahad, 7 April 2019.

"Dari situlah saya semakin mengenal dan mengagumi sosok Cut Nyak Dhien. Saya kagum akan sosok Cut Nyak Dhien sebagai seorang pejuang wanita yang tangguh. Ketika Pemerintah Aceh bersama-sama dengan LSM MER-C Indonesia melakukan penggalangan dana untuk pembuatan RS Indonesia di Gaza Palestina. Alhamdulillah masyarakat Aceh pada saat itu berhasil mengumpulkan dana sebanyak 6,8 miliar Rupiah lebih yang diserahkan kepada MER-C Indonesia untuk digunakan dalam pembangunan RS Indonesia di Gaza Palestina. Melihat betapa antusiasnya masyarakat Aceh dalam memperhatikan kepeduliannya terhadap masyarakat Gaza, mulai terfikirlah dalam benak saya untuk mencantumkan nama Cut Nyak Dhien dan TGK Chik Ditiro menjadi monumental  pada 2 ruangan di RS Indonesia di Gaza. Alhamdulillah hal tersebut diterima dengan senang hati oleh seluruh Presidium MER-C," kata Ira, yang juga pelatih senior Merpati Putih Aceh.

Ira mengatakan, sebagai penerus bangsa wajib mempelajari dan menghargai setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan bangsa. Dengan terpampangnya nama pahlawan Cut Nyak Dhien di RS Indonesia di Gaza, kata Ira, ia merasakan semacam ikatan batin untuk menyampaikan hal tersebut dengan cara mengunjungi makam Cut Nyak Dhien.

"Semoga generasi muda Aceh berikutnya dan para pejabat yang mempunyai kewenangan untuk menjaga dan menginventarisir semua asset sejarah dapat menjaganya dan mengenalkan terus sejarah yang ada kepada generasi penerus. InsyaAllah dengan adanya inisiatif dari kepala kantor perwakilan Aceh yang saat itu diwakili oleh beberapa orang stafnya juga sempat berjumpa dengan kepala dinas pariwisata di Subang dapat melakukan beberapa kerjasama dalam pelestarian sejarah Aceh yang ada di Subang dan yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Ira Hadiati, yang kini maju sebagai caleg DPR RI Dapil Aceh 1 nomor urut 3, melalui Partai Berkarya.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.