16 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kata H Sjamsul Kahar Ketika Diminta Jadi Ketua Dewan Pakar Majelis Seniman Aceh

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 13 May 2018 09:01 WIB

Pengurus dan Akademi Kutaraja (Dewan Pakar) Majelis Seniman Aceh (MaSA) bersama H Sjamsul Kahar, di ruang Pemimpin Umum Surat Kabar Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 12 Mei 2018. @MaSA
Pengurus dan Akademi Kutaraja (Dewan Pakar) Majelis Seniman Aceh (MaSA) bersama H Sjamsul Kahar, di ruang Pemimpin Umum Surat Kabar Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 12 Mei 2018. @MaSA

BANDA ACEH - Seniman dan wartawan senior Aceh, H Sjamsul Kahar, diminta kesediaannya dan ditunjuk sebagai ketua Akademi Kutaraja atau Dewan Pakar MaSA Majelis Seniman Aceh (MaSA).

Hal itu disampaikan Ketua MaSA, Syamsuddin akrab disapa Ayah Panton, dalam kunjungan khusus untuk permintaan tersebut ke kantor H Sjamsul Kahar, ruang Pemimpin Umum Surat Kabar Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu, 12 Mei 2018.

Menanggapi permintaan yang sebelumnya sudah disampaikan melalui telepon, H Sjamsul Kahar mengatakan, dirinya amat senang dengan pendirian MaSA dan bersedia menjadi anggota Akademi Kutaraja, tetapi untuk menjadi ketua Dewan Pakarnya harus ia pikir-pikir dulu.

"Saya siap bergabung, tapi harus sama-sama, tidak mungkin dilakukan sendiri. Saya masih punya impian-impian yang belum tercapai dalam seni di Aceh. Dulu, saya turut mendirikan Dewan Kesenian Aceh, juga turut mendirikan Majelis Adat Aceh. Itu sekarang ada yang begitu-begitu saja setelah semua fasilitas ada, ada juga yang tidak bisa berjalan lagi. Mungkin, inilah (MaSA) solusinya," kata Sjamsul Kahar.

Pada pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut, H Sjamsul Kahar, memberikan beberapa nasehat dan ungkapan tentang seni dan kebudayaan di Aceh. 

Sebagaimana diketahui, H Sjamsul Kahar merupakan seniman dan wartawan senior di Aceh. Ia merupakan Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia. Sepanjang karirnya, selain wartawan, ia menulis cerpen, menulis naskah drama, sutradara film, menjadi ketua DKA (Dewan Kesenian Aceh), dan banyak karya lainnya.

Ayah Panton datang bersama Pengurus Harian dan Akademi Kutaraja (Dewan pakar) MaSA, yang diwakili Zulfikar Sawang, Helmi Hass, Yulsafli, dan Wina SWi, serta pengurus Majelis Seniman Aceh, yang terdiri dari Syamsuddin Ayah Panton (Ketua), Elly Zuarni (Wakil Ketua Bidang Anugerah Seni), Zubaidah Azwan (Wakil Ketua Bidang Kerjasama Dan Kehumasan), Thayeb Loh Angen (Sekretaris Umum), Subur Dani (Wakil Ketua Bidang Publikasi dan Dokumentasi), dan Muhammad.

Ayah Panton mengatakan, Anggota Akademi Kutaraja berstatus seumur hidup, bertugas memilih orang-orang yang berhak menjadi pengurus MaSA, sebagaimana yang diususulkan oleh para seniman. Namun, untuk periode pertama, para pengurus ditunjuk oleh forum hadirin rapat pembentukan pada Februari 2018, yang juga menunjuk sebagian anggota Akademi Kutaraja.

Setelahnya, kata dia, dalam beberapa kali rapat, ia memilih para pengurus lainnya, dan bersama pengurus dan Akademi Kutaraja yang sudah ada menunjuk anggota Akademi Kutaraja lainnya sehingga lengkap. MaSA mulai dicetuskan pada akhir 2017. Pada pertengahan awal Mei 2018, para pengurus sudah lengkap, dengan jumlah orang 30-50 orang.

"Pada Ramadhan ini, pengurus akan meneruskan proses pendirian MaSA, yakni mendaftar di notaris, dilanjutkan dengan SK dari gubernur, yang rencananya semuanya siap untuk dilantik pada Agustus 2018, di Taman Budaya, Banda Aceh, dalam rangkaian acara PKA (Pekan Kebudayaan Aceh) ke 7," kata Ayah Panton.

Berikut nama Anggota Akademi Kutaraja (Dewan Pakar) Majelis Seniman Aceh)

Ketua: H Sjamsul Kahar. Sekretaris; Helmi Hass. Anggota: Prof Darwis A Soelaiman, Prof Prof Dr Misri, Zulfikar Sawang, M Dahlan TH, Wiradmadinata, Barlian AW, Nab Bahany As, Rafly Kande, Yulsafli MA, Rosni Idham, Wina SW I, Lazuardi Essek, dan beberapa orang lagi, semuanya 17 orang.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.