21 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kekalahan Yang Menakutkan

...

  • portalsatu.com
  • 21 April 2019 17:34 WIB

 

Ada yang kalah tetapi menjadi hina dan penuh luka dan nista. Sementara lainnya, kekalahan hanya menjadi ritma: pencarian yang memutar, atau harga yang setimpal dari kemenangan lainnya. Janganlah memandang kalah-menang sebagaimana anak kecil memandangnya.

Memang, kalah sangat menakutkan di zaman kita yang penuh kemenangan zahir, kemenangan dari penampakan ornamen bendawi. Maka ramai yang sibuk memoles hasil dengan cara apapun, dari hasil rapot, kecurangan di ruang ujian, turnamen  sepak bola hingga data data di ruang resmi.

Sungguh, alangkah lelah, lari dari kekalahan tapi terjerembab dalam kekalahan yang lebih parah. Tapi begitulah,  kita terbiasa untuk menjadi menang, tanpa melihat bahwa kemenangan itu tidak mesti datang segera. Bahwa watak kemenangan itu bisa diwariskan lewat etos sosial dan gairah perbaikan , dan terus merancang hari hari selanjutnya dengan penuh rasa menang.

Tapi, kekalahan tetaplah menakutkan bagi siapapun yang belum belajar makna perjuangan dan hakikat menegakkan keadilan. 

Bagi engkau yang telah berdiri di atas prinsip yang benar, sedang kekalahan menampakkan wajahnya di depanmu, biarlah ia berlalu menjadi jamuan waktu yang lazim, seperti menyongsong pagi yang lebih sempurna.[]

Taufik Sentana
Banyak menulis prosa dan esai sosial. Sangat interes terhadap budaya pop dan perubahan sosial. Menetap di Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.