09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kenang Sosok Ajip Rosidi Suami Nani Wijaya, Dunia Sastra Kembali Berduka

...

  • portalsatu.com
  • 30 July 2020 15:30 WIB

Ajip Rosidi dan Nani Widjaya. ©2020 liputan6.com
Ajip Rosidi dan Nani Widjaya. ©2020 liputan6.com

Artis senior Tanah Air, Nani Wijaya, mendapat kabar duka mendalam di tengah pandemi virus corona. Sang suami, sastrawan Ajip Rosidi meninggal dunia pada Rabu (29/7) di usia 82 tahun. Sang suami menghembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Kepergian pria kelahiran Majalengka, Jawa Barat, 31 Januari 1938 ini menjadi duka mendalam bagi dunia sastra Tanah Air. Mendiang Ajip Rosidi dikenal sebagai sastrawan ulung, pengajar, redaktur media massa sekaligus budayawan.

Berkarya Sejak 1950

Ajip dikenal sebagai sastrawan ternama Tanah Air. Ia sudah melahirkan karya sejak kelas 6 SD.

Dilansir Liputan6.com, tulisannya kala itu dimuat di surat kabar Indonesia Raya. Menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Ajip Rosidi telah mengemban amanah menjadi redaktur majalah Prosa di usianya yang masih 17 tahun.

Sang sastrawan kemudian rajin menulis cerpen dan beberapa karya lain seperti puisi, terjemahan, novel, saduran dan esai pada 1950 hingga 1960-an. Tak heran jika ia memperkuat Angkatan 66.

Disambut Baik

Salah satu karya tulisnya yang dikenal publik adalah Perjalanan Pengantin (1958) dan Anak Tanah Air (1985). Beberapa cerpen juga banyak dinikmati seperti Tahoen-Tahoen Kematian (1951) dan Sebuah Rumah Buat Hari Tua (1957). Karya fenomenal Roro Mendut juga disadur oleh sang sastrawan.

Banyak Penghargaan

Selama hidupnya, Ajip Rosidi telah mendapat beberapa penghargaan di bidang sastra. Dikutip Ensiklopedia Kementerian dan Kebudayaan RI, penghargaan tersebut ialah Hadiah Sastra Nasional (1955-1956) hingga Doktor Honoris Causa program studi Budaya Fakultas Sastra Universitas Padjajaran.

 

Menikah dengan Nani Wijaya

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Ajip bertemu dengan Nani Widjaya. Pertemuan tersebut berakhir di pernikahan yang digelar pada 16 April 2017 di Masjid Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Sang sastrawan mempersembahkan logam mulia seberat 50 gram sebagai mas kawin.

Putri Nani Widjaya, aktris Cahya Kamila, kepada media kala itu meluapkan kebahagiaannya.

“Sebagai anak, perasaan saya bahagia. Ibu di usia senja masih mendapat jodoh, ada yang menikah dengan ibu,” cetusnya. Ajip Rosidi menikah dengan Nani Wijaya di usia 79 tahun.[]sumber:merdeka

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.