27 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Lagi, Meriam Bekas Zaman Sultan Aceh Darussalam Ditemukan di Nagan Raya

...

  • Jamaluddin
  • 14 January 2019 22:00 WIB

@Istimewa
@Istimewa

NAGAN RAYA - Masyarakat Nagan Raya minta meriam-meriam bekas perang zaman Kesultanan Aceh Darussalam yang telah ditemukan di Gampong Senaam supaya diselamatkan.

Salah seorang penduduk Nagan Raya sekaligus anggota dari Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (MAPESA), Ikram mengatakan, yang sudah ditemukan oleh warga atau anggota TNI sudah 2 meriam, serta yang ia temukan bersama teman-temannya ada 2 pucuk meriam. Meriam itu kini ada di ujung raja atau sering di sebut nama kampung nya senaam.

Gampong senaam, jaman dulu sering disebut ujung raja, karna tempatnya memang di ujung kabupaten Nagan Raya, Kecamatan Darul Makmur.

'Kondisinya sangat disayangkan, terbengkalai begitu saja, padahal pemerintah sudah tahu tentang itu tapi tidak ada langkah untuk memperbaiki peningalan yang sangat berharga itu," kata Ikram kepada portalsatu.com pada Senin 14 Januari 2019.

Ikram juga memberitahukan bahwa meriam itu yang diambil (hilang?) sudah mencapai 2 pucuk meriam, namun kondisinya ia sudah tidak tahu betul telah dikemanakan meriam tersebut.

"Menurut saya, siapa saja boleh merawat meriam tersebut, apakah itu dari Museum Aceh atau jajaran gampong tersebut, asal meriam itu dirawat dengan baik, karna meriam itu adalah bukti autentik yang bisa kita ceritakan sama anak-anak dan cucu kita di masa kedepannya, kalau Aceh pernah jaya dimasanya," kata Ikram.

Menurut Ikram tiap tahun jumlah temuan terus meningkat, dan semuanya ditemukan di seputaran di kuala dekat laut Blang Pidie.

"Jumlah meriam yang telah ditemukan masyarakat sudah lebih dari 10 pucuk meriam di tempat tersebut," katanya.[](rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.